Nusantara Bersatu, Walikota Mataram Minta Masyarakat Tingkatkan Toleransi

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram menjadi tuan rumah kegiatan Nusantara Bersatu yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia, Rabu, 30 November 2016.

Kegiatan yang melibatkan lintas agama dan etnis diharapkan Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh, agar masyarakat meningkatkan toleransi beragama. “Ini adalah momentum untuk kita mempererat rasa kebangsaan untuk terus bersatu dengan meningkatkan rasa persaudaraan sebagai anak bangsa, bertoleransi, menghormati keberagaman agama dan etnis dengan semangat NKRI,” kata Walikota.

Iklan

Orang nomor satu di Kota Mataram ini mengatakan, keberagaman yang ada tentu menjadi modal besar apalagi Mataram dengan berbagai heterogenitasnya dimana semua agama, etnis harus dipupuk dan pelihara. Ia melihat selama ini tingkat solidaritas dan kebersamaan antara umat beragama sangat bagus.

Ini dibuktikan dengan kondisi Mataram yang tetap kondusif. “Alhamdulillah, itu kita jaga berjalan dengan baik,” ujarnya.

Kondusivitas Kota Mataram menjadi modal untuk meningkatkan pembangunan serta kesejahtraan masyarakat.

Ia mengakui, Kota Mataram sangat minim dari segi sumber daya alam. Potensi sumber daya manusia yang mumpuni termasuk kecerdesan, penguasaan keterampilan atau skill serta sikap mental sebagai warga yang sadar bahwa Kota Mataram dengan banyak heterogenitasnya.

Kebersamaan ini sambungnya, menjadi kunci meningkatkan pembangunan. Tentunya berkorelasi terhadap kesadaran kolektif masyarakat untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan.

Suasana peringatan Nusantara Bersatu di Lapangan Sangkareang diikuti oleh kalangan pelajar, mahasiswa, ASN, TNI, Polri dan tokoh agama dari lintas agama. Sorak – sorai masyarakat meletupkan semangat kebersamaan dengan atribut merah putih yang diikat di kepala dan dikibarkan. (cem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here