Nurul Iqamah Lampaui Target Satu Emas

Nurul Iqamah. (Suara NTB/kontingen PON)

Mimika (Suara NTB) – Atletik panjat tebing, Nurul Iqamah berhasil membuktikan dirinya sebagai atlet terbaik NTB. Ia tidak sekadar memberi janji, namun atlet asal Kota Bima ini telah membuktikan bahwa ia mampu menyumbang medali emas di ajang multi event nasional.

Tidak tanggung-tanggung, atlet Pelatnas andalan NTB ini melampaui target. Ia berhasil meraih dua medali emas, yakni satu emas di nomor combined putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang berlangsung di Arena Panjat Tebing, Mimika, Papua, Jumat, 8 Oktober 2021.

Iklan

Bagi Nurul, medali emas ini yang kedua karena sebelumnya ia  bersama tiga rekannya, Ayu Fatullah, Anggun Yolanda dan Ade Irma berhasil meraih medali emas di nomor boulder tim putri. Selain meraih dua medali emas Nurul juga berhasil meraih satu medali perak di nomor speed relay putri bersama dua rekannya, Anggun Yolanda dan Ade Irma Suryani.

Raihan medali emas di nomor combined putri menjadi medali emas yang terakhir bagi tim panjat tebing NTB yang diperkuat 9 atlet dengan mengikuti 14 nomor pertandingan  di ajang multi event olahraga nasional. Dalam hal ini, tim panjat tebing NTB berhasil melampaui target satu medali emas karena telah berhasil mengantongi dua emas dan satu perak.

Hasil perolehan dua emas tersebut menempatkan posisi NTB diperingkat 4 nasional dari 27 provinsi yang tampil di arena panjat tebing PON XX/2021. Sementara posisi puncak diraih oleh Jawa Timur (Jatim) dengan mengoleksi 6 emas, 5 perak dan 3 perunggu,  disusul Papua  di peringkat kedua 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu dan Jawa Tengah (Jateng) diperingkat ketiga dengan merebut 2 emas, 1 perak dan 3 perunggu.

Manajer Tim Panjat Tebing, Adi Hendara Susanto mengatakan raihan dua emas dan satu perak di cabang olahraga panjat tebing telah melampaui target. Pasalnya tim panjat tebing NTB di targetkan meraih satu medali emas di ajang multi event nasional itu.

“Alhamdulillah atlet kami berhasil meraih dua emas. Melebihi target satu emas yang dibebankan oleh KONI NTB kepada kami,” ucap Adi Hendra Susanto yang juga menjabat Ketua Harian Pengprov FPTI NTB.

Tak hanya berhasil meraih target medali emas, namun cabor panjat tebing telah menunjukan diri sebagai cabang olahraga yang sukses membuat sejarah baru di  PON XX/2021. Sebab untuk pertama kalinya atlet panjat tebing berhasil merebut medali emas PON. Sebelumnya di PON Jawa Barat (Jabar)  2016 atlet panjat tebing juga membuat sejarah dengan meraih satu medali perunggu lewat Nurul Iqamah. (fan)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional