Dharma Lautan Cabang Lembar Maksimalkan Pencegahan Penularan Covid-19

Penyemprotan disinfektan dilakukan rutin di kapal-kapal milik PT. Dharma Lautan Utama Cabang Lembar untuk meminimalisir risiko penularan covid-19. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – PT. Dharma Lautan Utama, salah satu operator kapal yang melayani penyeberangan Pelabuhan Lembar (Lombok) – Padang Bai (Bali) terus memaksimalkan upaya pencegahan penularan covid-19 di jalur Selat Lombok. Sejak merebaknya kasus virus corona yang telah menjangkit ke 152 negara di dunia ini, disusul pengumuman resmi pemerintah Indonesia pada awal Maret tentang adanya WNI yang terpapar corona, PT. Dharma Lautan Utama telah menerapkan Standar Operasional Pelayanan (SOP) yang lebih ketat.

SOP diberlakun di seluruh cabang, tanpa terkecuali cabang di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Manajer Cabang PT. Dharma Lautan Utama Cabang Lembar, Listyono Dwitutuko ditemui di Pelabuhan Lembar, Senin, 23 Maret 2020 menegaskan sejumlah langkah antisipasi diterapkan, sesuai ketentuan yang disarankan pemerintah.

Diantaranya, setiap penumpang yang akan masuk kapal, diwajibkan mengikuti prosedur. Misalnya pengecekan suhu tubuh. Dilakukan oleh petugas kesehatan di pelabuhan. Kepada penumpang yang akan memasuki ruang tunggu di Pelabuhan. Bila dipastikan suhu tubuh calon penupang normal, selanjutnya penumpang diperbolehkan masuk kapal.

“Sebelum masuk kapal, penumpang diberikan hand sanitizer. Di kapal kita juga siapkan tempat cuci tangan bagi penumpang,” jelas Listyono. Selain pemberian hand sanitizer, perusahaan tak henti-hentinya memberikan imbauan kepada penumpang tentang upaya pencegahanan penyebaran virus corona melalui ruang informasi yang memberikan pengetahuan secara rinci, pemutaran video pun dilakukan untuk lebih banyak memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk mencegahan terpapar virus corona oleh Direktur Utama PT. Dharma Lautan Utama, Erwin H. Poedjono. Selain itu, di setiap kapal juga dipasang standing banner.

Untuk upaya pencegahan yang lebih maksimal, setiap kapal PT. Dharma Lautan Utama usai dioperasikan wajib disemprot disinfektan. Menurut Listyono, penyemprotan dilakukan saat jadwal kapal off melayani penumpang. Dengan upaya – upaya pencegahan yang yang dilakukan ini, Listyono berharap tidak sekedar menjalankan arahan pemerintah. lebih dari itu, agar masyarakat dapat terhindar dari penularan virus corona atau covid-19. Dan tetap beraktivitas normal, serta menumbuhkan kepercayaan masyarakat untuk tetap menggunakan transpotasi penyeberangan.

PT. Dharma Lautan Utama adalah perusahaan pelayaran yang mampu menempatkan strategi perusahaan pada posisi yang terbaik serta melakukan pelayanan maksimal dan terjangkau bagi masyarakat luas. Seperti moto perusahaan PT. Dharma Lautan Utama, melayani negeri dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan sebagai tamu yang terhormat. (bul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + nine =