Beranda Headline Pelabuhan Lembar Tutup Saat Perayaan Nyepi

Pelabuhan Lembar Tutup Saat Perayaan Nyepi

0
159
Suasana Pelabuhan Lembar sebelum penutupan jelang perayaan Nyepi, Senin, 23 Maret 2020. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Perayaaan hari Raya Nyepi jatuh pada Rabu, 25 Maret 2020. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pelayanan penyeberangan Pelabuhan Lembar tutup sementara. Penutupan penyeberangan dilakukan selama dua hari, mulai tanggal 25 Maret sampai dengan 26 Maret. Sebelum dilakukan penutupan, pihak Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XII Bali dan Provinsi NTB melakukan sosialisasi kepada semua pengusaha operator penyeberangan.

Koordinator satuan pelayanan Penyeberangan BPTD wilayah Lembar Nelson Dalo mengatakan berdasarkan surat edaran Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII- Provinsi Bali dan NTB, nomor Hk.209/1/3/BPTD-XII/2020 bahwa pada hari Rabu, 25 Maret 2020 mulai pukul 06.00 Wita sampai Kamis, 26 Maret 2020 pukul 06.00 Wita, kapal penyeberangan dari Pelabuhan Lembar maupun Padangbai tidak beroperasi. Di mana untuk jadwal penyeberangan kapal terakhir pada 24 maret dari Pelabuhan Lembar pukul 19.30 Wita. Sedangkan kapal terakhir dari Pelabuhan Padangbai pada tanggal 25 maret, pada pukul 03.00 Wita. ‘’Pelabuhan tidak operasi selama Nyepi, mulai hari Rabu sampai Kamis,’’ jelas Nelson.

Jadwal pengoperasian kembali kapal pertama diberangkatkan dari Pelabuhan Padangbai tanggal 26 Maret sekitar pukul 09.00 Wita. Sedangkan kapal pertama diberangkatkan dari Pelabuhan Lembar tanggal 26 Maret sekitar pukul 04.30 Wita.  Berdasarkan pemantauan Suara NTB, belum ada terjadi lonjakan penumpang yang cukup signifikan. Rata-rata penumpang kapal yang datang dari Padangbai-Lembar masih didominasi oleh warga Lombok yang datang dari Bali untuk berlibur.

“Kita pulang karena di Bali sedang Nyepi, di sana (Bali) saya kerja sebagai pedagang. Sudah biasa kita mudik setiap tahun pas Nyepi. Disamping itu pengaruh Corona,’’ ujar Sani warga asal Lombok saat ditemui di Pelabuhan Lembar.

  Sejumlah Titik di Mataram Tergenang Air

Sementara itu Pihak PT ASDP Indonesia Ferry Pelabuhan Cabang Lembar, memprediksi jelang penutupan tersebut akan ada peningkatan penumpang dari hari biasanya.

Selain lintas Penyeberangan Lembar-Padangbai yang tutup saat perayaan Nyepi. Penerbangan dari Bali ke NTB dan sebaliknya juga ditutup. (her)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × three =