Polda NTB Atur Siasat Jaga MotoGP Mandalika 2021

0
6
Sirkuit Mandalika. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB menyiapkan strategi pengamanan MotoGP Mandalika 2021. Dipastikan, pengamanan balap motor tertinggi sejagat itu akan dilengkapi peralatan canggih. Selain penggelaran personel yang masif.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto meyakinkan bahwa Polda NTB bersama Mabes Polri sudah menyusun rencana pengamanan paling ketat. Meskipun rinciannya belum tuntas.

“Didukung peralatan paling canggih melalui command center,” terangnya, akhir pekan lalu.

Objek pengamanan meliputi seluruh elemen. Baik itu penonton, lokasi kegiatan, sirkuit, peralatan pebalap, sampai area terjauh sesuai perhitungan ring pengamanan. Perencanaan sedang disusun sambil menanti sirkuit selesai dibangun.

“Belum bisa kita rincikan. Nanti akan disesuaikan dengan kondisi lapangan. Sirkuitnya kan belum jadi. Nanti kalau sudah jadi lebih mudah kita susun rencana operasi pengamanannya,” paparnya.

Meski demikian, Polda NTB sudah menyiapkan skema pengamanan. Hal itu akan dikoordinasikan dengan pihak penyelenggara. Skema itu menghitung berbagai kerawanan setiap pelaksanaan event akbar.

“Apakah nanti pengamanan terbuka dan tertutup. Apakah nanti menggunakan ring. Ring satu pengamanan bagaimana, ring dua dan ring tiga bagaimana. Itu disesuaikan kebutuhan pengamanannya,” jelas Artanto.

Demikian juga dengan jumlah personel yang diproyeksikan akan disebar untuk pengamanan. Dia memastikan pengamanan akan memerhatikan setiap aspek lomba. “Termasuk pengamanan khusus pebalapnya,” pungkasnya.

ITDC selaku pengelola Mandalika Resort sedang menyelesaikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika yang bakal dihelat perdana tahun 2021 mendatang. Pihak MotoGP belum merilis kalender balapan Mandalika GP.

Promotor MotoGP Mandalika, Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA) menyatakan progres pembangunan sirkuit sudah mencapai 40 persen, seperti disebut dalam akun Instagramnya, @themandalikagp.

Dikutip dari situs resmi The Mandalika GP, Pebalap MotoGP akan ditantang sirkuit jalanan Mandalika yang panjangnya 4,31 Km dengan 17 tikungan. Area paddock bisa menampung 40 garasi.

  Dr Zul Santai Tanggapi Survei Populi Center

Sirkuit di kawasan Mandalika Resort, Kuta, Pujut, Lombok Tengah ini dilengkapi 50.000 tempat duduk. Sementara tribun tanpa tempat duduk bisa dijejali 138.000 orang. Tersedia juga MotoGP Hospitality Suites dengan kapasitas 7.700 penonton. (why)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here