Lomba Foto Pariwisata dan Budaya, Bank NTB Syariah Siapkan Hadiah Rp60 Juta

Poster Lomba Fotografi Bank NTB Syariah. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Bank NTB Syariah menyelenggarakan lomba foto untuk seluruh kalangan. Hadiahnya tak tanggung-tanggung. Total nilainya mencapai Rp60 juta.

Di ajang bergengsi ini, insan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Provinsi NTB ini mengundang para peserta untuk mengikutsertakan foto terbaiknya.

Direktur Utama Bank NTB Syariah, H. Kukuh Raharjo mengatakan, perkembangan teknologi digital turut membuat berbagai kegiatan promosi wisata mengalami perubahan. Promosi wisata saat ini lebih mengandalkan kecanggihan teknologi dalam memasarkan atau mempromosikan produk wisata.

Salah satunya adalah melalui kompetisi atau lomba diberi nama “Lomba Fotografi Bank NTB Syariah’’. Sasaran lomba adalah para pelajar, mahasiswa dan umum. Termasuk warganet, generasi milenial, anak-anak muda dan penggiat media sosial.

Lomba fotografi ini merupakan rangkaian kegiatan Gelegar Expo Property dan Umroh Bank NTB Syariah yang akan dilaksanakan dari 12 Maret hingga 15 Maret 2020 di Lombok Epicentrum Mall. Dengan lomba ini, diharapkan, Bank NTB Syariah bisa mendukung lebih besar terhadap upaya melestarikan budaya dan meningkatkan industri pariwisata di NTB.

Baca juga:  Monumen Mataram Metro dan Tembolak akan Dihubungkan

‘’Lomba ini terbuka untuk pelajar dan masyarakat umum, mulai dari fotografer amatir sampai fotografer professional,’’ ujarnya.

Lomba Fotografi Bank NTB Syariah Tahun 2020 bertemakan “Pariwisata & Budaya Nusa Tenggara Barat” dengan tiga kategori yaitu, Kategori Pelajar, Kategori Umum Heritage dan Culture serta Kategori Umum Landscape.

Untuk para pemenang di setiap kategori disediakan hadiah berupa trofi, piagam penghargaan dan uang tunai dengan total hadiah sebesar Rp60 juta.

Beberapa tujuan lomba fotografi ini diselenggarakan, diantaranya membantu promosi pariwisata dan budaya NTB dengan menampilkan karya-karya terbaik para peserta. Meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke destinasi wisata serta budaya melalui eksplorasi tema yang diusung dalam lomba fotografi ini.

Menggugah minat penggiat pariwisata untuk mengembangkan program wisata dengan tema-tema kearifan lokal termasuk kekhasan alam, budaya, dan seni/ketrampilan tradisional NTB.

Selain itu, juga untuk memberi kesempatan kepada berbagai pihak di masyarakat untuk turut serta mendukung program-program promosi pariwisata dan budaya NTB. Juga, mengasah minat dan bakat para penggiat fotografi, baik fotografer pemula maupun fotografer profesional. Serta menghasilkan kumpulan foto unggul untuk menjadi materi property Bank NTB Syariah ke depan.

Baca juga:  PKL di Pantai Ampenan Menolak Direlokasi

Pengiriman hasil karya untuk lomba dimulai tanggal 5 – 28 Februari 2020. Pameran hasil karya foto terbaik diselenggarakan pada Acara Gelegar Expo Property dan Umroh Bank NTB Syariah tanggal 12 – 15 Maret 2020 di Lombok Epicentrum Mall.

Pengumuman Pemenang tanggal 15 Maret 2020 pada puncak acara Gelegar Expo Property dan Umroh Bank NTB Syariah.

Syaratnya, pengiriman karya ke ntbsyariahexpo2020@gmail.com, dengan subjek lomba foto menyertakan nama lengkap, kategori, judul foto, ID akun istagram dan faceebook, scan atau foto KTP untuk peserta umum dan kartu pelajar untuk pelajar dan mahasiswa.

Peserta diharuskan mengikuti akun instagram @bankntbsyariah. Peserta wajib mempublikasikan hasil karyanya di istagram dan facebook pribadi dengan menautkan akun istagram @bankntbsyariah dan menyertakan tagar #bankntbsyariah #lombafotontbsyariah2020 #GelegarExpoBankNTBSyariah2020.

Baca juga:  Destinasi Wisata Baru di Mataram Sulit Bertambah

‘’Pengumuman pemenang 15 Maret 2020 dan update informasi melalui website dan media sosial Bank NTB Syariah,’’ jelas H. Kukuh.

Syarat lainnya, satu peserta dapat mengirim maksimal tiga foto. Karya foto diambil dalam waktu 2019-2020, sesuai dengan tema, lanskap (gunung, pantai, bawah laut, sawah, air terjun, danau dan lainnya).

Heritage (masjid, istana, rumah adat dan lainnya), culture (budaya maupun event lokal dan lainnya). Foto dapat menggunakan kamera apapun, maupun ponsel. Diunggah ke media sosial dengan resolusi maksimal 800 piksel x 600 piksel atau kurang dari 1 MB, dengan format jpeg.

Foto yang dikirim ke email panitia resolusi 1.080 piksel dan minimal 4 MB, dengan format jpeg. Foto, dilarang mengandung unsur SARA, politis, pornografi dan melanggar norma-norma kesopanan dan prinsip-prinsip syariah. (bul)