Paket Proyek “Bypass” BIL-KEK Mandalika Siap Ditender

Ilustrasi Jalan By Pass (suarantb.com/ist)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulai menyiapkan tender paket proyek pembangunan jalan elak atau bypass dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Hal tersebut untuk mengejar akomodasi kebutuhan gelaran MotoGP yang akan berlangsung pada 2021 mendatang.

“Bypass BIL sekarang prosesnya Insya Allah mau tender. Ada tiga paket yang kita tender,” ujar Kepala Dinas PUPR NTB, Ir H. Azhar, MM, saat dikonfirmasi, Minggu, 26 Januari 2020. Proses tender sendiri diperkirakan akan selesai dalam tiga bulan, yaitu hingga April mendatang. Diterangkan Azhar proses tender sendiri berbasis International Competitive Bidding (ICB), mengingat pembangunan bypass tersebut perlu menggunakan tender internasional. Pengerjaannya sendiri diprediksi membutuhkan waktu dua tahun.

Baca juga:  12 Desa Lingkar KEK Mandalika Tanpa Jaringan Komunikasi

“Kalau kita lihat perencanaannya dua tahun, 2020 ini sampai dengan April 2021. Karena bulan September-Oktober itu sudah mulai dipakai,” ujar Azhar. Seluruh biaya pengerjaan sendiri disebut menggunakan anggaran dari ABPN senilai Rp1,8 triliun, sehingga pengerjaan bypass BIL-KEK Mandalika juga merupakan program prioritas dari pemerintah pusat.

Baca juga:  Investor Asing Ajukan Izin “Money Changer” di Lingkar KEK Mandalika

Hal tersebut mengingat KEK Mandalika saat ini masuk dalam salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Sehingga pemberian dukungan infrastruktur dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR, terus dilakukan. Salah satunya dengan pembangunan akes jalan bypass tersebut. Sebelumnya Direktur Pembangunan Jalan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Achmad Herry Marzuki, juga menerangkan bahwa pembangunan jalan bypass BIL-KEK Mandilka diharapkan mampu mendukung lonjakan pengunjung yang akan mengikuti gelaran MotoGP. Selain itu, pembangunan jalan tersebut juga dapat menjaga eksisting jalan yang kerap digunakan untuk beraktifitas oleh penduduk sekitar lokasi.

Baca juga:  Kanwil DJP Nusra Bidik Potensi Pajak Lingkar KEK Mandalika

Dalam prosesnya, pembangunan jalan bypass-KEK mandalika ditargetkan sepanjan 17 meter yang terdiri dari empat jalur dengan lebar masing-masing 50 meter. Jalan tersebut akan diabgi dalam dua jalur cepat dan dua jalur lambat. (bay)