PLN dan Pemprov NTB Bekerjasama Olah Sampah jadi Sumber Energi Alternatif

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah (tiga dari kiri) bersama jajaran PLN dan kepala OPD lingkup Pemprov NTB usai menandatangani kerjasama mendukung gerakan zero waste. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – PT. PLN (Persero) turut berkomitmen mendukung program zero waste dan salah satu visi NTB Gemilang yang dicanangkan pemerintah Provinsi NTB. PLN UIW NTB sepakat melakukan upaya peningkatan kerjasama dalam hal penelitian dan pengembangan teknologi pengolahan sampah menjadi sumber energi dengan Pemerintah Provinsi NTB.

Kesepakatan ini ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama antara General Manager PLN UIW NTB, Rudi Purnomoloka dengan Gubernur Provinsi NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, disaksikan oleh Direktur Bisnis Regional Maluku, Papua dan Nusa Tenggara, Ahmad Rofik pada Rabu, 22 Januari 2020.

Bentuk kerja sama yang akan dilaksanakan adalah dengan memberikan pendampingan dan transfer pengetahuan mengenai pengelolaan sampah menjadi sumber energi alternatif. Ke depan, kesepakatan ini akan ditindaklanjuti dengan pembuatan Perjanjian Kerja Sama antara PLN yang diwakili PT Indonesia Power PLTU Jeranjang dan Provinsi NTB yang diwakili oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB.

“Semoga ini dapat menjadi solusi alternatif pengelolaan sampah di NTB dan sebagai salah satu bentuk dukungan nyata PLN terhadap perbaikan masalah lingkungan di NTB ini,” kata Rofik.

Output pengolahan sampah ini nantinya adalah pelet yang bisa digunakan sebagai energi alternatif bahan bakar semacam briket, untuk menggantikan bahan bakar yang selama ini digunakan di rumah tangga. Saat ini tim PLN sedang melakukan penelitian untuk melihat apakah hasil pengolahan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai campuran bahan bakar pembangkit PLN.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas ESDM Provinsi NTB, M. Husni dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Madani Mukarom. Gubernur NTB menyampaikan apresiasinya kepada PLN atas perhatiannya terhadap permasalahan pengelolaan sampah di NTB.

“Terima kasih atas kontribusi PLN untuk mendukung program Zero Waste. Program ini menjadi salah satu solusi pemanfaatan sampah yang selama ini menjadi masalah bagi masyarakat. Bahkan, apabila memang applicable, metode ini dapat diimplementasikan juga di Sumbawa,” ujar gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini.(bul)