Beranda Headline Bawa Energi Baru, Kajati NTB Janjikan Pembenahan Internal

Bawa Energi Baru, Kajati NTB Janjikan Pembenahan Internal

Nanang Sigit Yulianto. (Suara NTB/ars)

Mataram (Suara NTB) – Datang dengan energi baru, Kajati NTB  Nanang Sigit Yulianto, SH.,MH bertekad berbenah dari internal. Paradigma jaksa  memainkan perkara harus ditiadakan. Membangun komitmen melayani masyarakat  dan bebas dari praktik korupsi.

Menurut Kajati, saat ini  internalnya sedang berbenah mengejar penilaian dari Kementerian PAN RB. Yakni, menjadikan institusi yang sukses  menjadi Zona Integritas melalui reformasi birokrasi internal.

‘’Bahwa ada jaksa bermain perkara, hal-hal ini harus kami hilangkan. Kesan ini harus jauh dari  masyarakat. Kalaupun ada oknum, tidak bisa kita hindari. Tapi ini akan terus jadi bahan kita benahi,’’ kata Kajati saat diskusi dengan Penanggung Jawab/Pemred Suara NTB, H. Agus Talino, Rabu, 8 Januari 2020.

Bersama Wakajati Dr. Anwaruddin Sulistiono, SH.,MH dan para Asisten, Kabag dan Kasi serta pegawai, Zona Integritas itu akan diwujudkan dalam komitmen menjadikan Kejaksaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Sebuah kompetisi yang diadakan pemerintah pusat untuk mengukur sejauh mana upaya menjadikan sebuah instansi pemerintah jadi Zona Integritas, Kejati NTB salah satunya.

Mewujudkan itu, Kajati bahkan sudah siapkan yel yel  berbunyi “Kejati NTB siap tertib, siap kerja, siap melayani, yes….”.

Makna yel yel itu, dijelaskan Kajati, berkaitan dengan kesigapan jajarannya untuk siap dalam situasi apapun. Tertib dalam aktivitas  di lingkungan kerja, hingga urusan ibadah. “Selama jadi pegawai Kejaksaan harus siap tertib,’’ ujarnya.

Siap bekerja, dimaksudnya, tidak hanya melaksanakan kewajiban sebagai jaksa, tapi juga harus punya target dan hasil. Siap melayani, lanjut dia, masyarakat harus menerima pelayanan terbaik tanpa harus merasa khawatir atau takut.

Dalam hal penegakan hukum, kesiapan ini harus sesuai SOP, ada ukuran dan target yang ingin dicapai. (ars)