Wujudkan NTB Bebas Sampah, Wagub Ajak Bangun Sinergisitas

Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, MPd., mengingatkan pada seluruh masyarakat agar bersama membangun sinergisitas untuk mewujudkan NTB Bebas Sampah pada tahun 2024 mendatang. Dalam mewujudkan NTB Bebas Sampah ini, ujarnya, harus mulai dilakukan dari rumah.

Dalam hal ini, masyarakat mulai melakukan gerakan pilah sampah dari rumah, dan juga meminta agar masyarakat memahami dampak membuang sampah sembarangan yang ujungnya mengotori laut dan pantai.

Baca juga:  Soal Sampah di Karang Kelok, Pemkot Koordinasi dengan Provinsi

“Kalau kawasan wisata kita selalu bersih dan aman, pengunjung yang datang tentu akan senang dan nyaman. Mari rapatkan barisan untuk kita bersama sama menjaga kebersihan di kawasan wisata ini, paling tidak mulailah memilah sampah dari rumah masing- masing,” ujarnya saat memberikan sambutan pada Aksi Bersih (Clean Up) Sampah di Kawasan Taman Wisata Loang Balok, Jumat (20/12).

Baca juga:  Semangat Zero Waste Semakin Menyebar

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, MSi., para Asisten Setda NTB, sejumlah kepala OPD lingkup Pemprov NTB, serta ribuan pelajar di Kota Mataram.

Aksi clean up yang juga melibatkan anggota Pramuka ini sebagai upaya mensukseskan salah satu program unggulan Zero Waste, yang saat ini tengah digaungkan oleh Pemprov NTB di bawah kepemimpinan Dr. H. Zulkieflimansyah dan Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah,  sekaligus merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HuT ke 61 Tahun Provinsi NTB.

Baca juga:  Dukung "Zero Waste", Desa Badrain Ciptakan Alat Pembakar Sampah Tanpa Asap

Titik yang menjadi sasaran pembersihan, difokuskan di sepanjang kali hingga kawasan wisata taman Pantai Loang Balok. Pembersihan kali ini dilakukan secara masif, dengan menggerakkan ribuan pelajar dan elemen masyarakat lainnya. (r)