Beranda Headline 2020, Kemenpan RB Kembali Buka Rekrutmen CPNS dan P3K Tahap II

2020, Kemenpan RB Kembali Buka Rekrutmen CPNS dan P3K Tahap II

Fathurrahman (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Usai pelaksanaan rekrutmen CPNS 2019, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) akan kembali membuka penerimaan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tahap II tahun 2020 mendatang. Terkait rekrutmen P3K Tahap II, Pemprov NTB dan Pemda kabupaten/kota mengharapkan ada formasi umum, selain formasi untuk mengakomodir eks honorer K2.

Baca juga:  Pemprov NTB Kekurangan 1.500 PNS

‘’Informasinya di 2020 itu akan ada  seleksi CPNS maupun P3K tahap II. Kita tinggal menunggu saja jadwalnya seperti apa,’’ kata Kepala BKD NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si dikonfirmasi di Mataram, Rabu, 13 November 2019 siang.

Khusus untuk rekrutmen P3K Tahap II, pihaknya berharap tidak seperti rekrutmen sebelumnya. Artinya, selain mengakomodir eks K2. Rekrutmen P3K Tahap II diharapkan ada formasi umum yang dibuka disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah.

Baca juga:  922 Pelamar CPNS Kota Mataram Terpental

‘’Kita berharap ada P3K formasi umum yang dibutuhkan daerah. Yang selama ini tak tertampung di formasi CPNS. Sehingga kita akan memilih P3K yang betul-betul dibutuhkan daerah,’’ harapnya.

Ia menjelaskan, P3K merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dapat dievaluasi kinerjanya setiap tahun. Sehingga, ketika kinerjanya buruk maka dapat diberhentikan.

Baca juga:  Tes CPNS di Kota Mataram Diundur

Selain itu, bagi eks honorer K2 yang lulus P3K tahap I, juga bisa mendaftar dalam seleksi CPNS 2019 sepanjang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Menurut Fathurrahman, tidak ada aturan yang membatasi P3K untuk mendaftar dalam seleksi CPNS 2019. (nas)