Kerusakan Fasilitas Akibat Demo di DPRD NTB Capai Puluhan Juta Rupiah

0
2
Mahdi Muhammad (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pascaaksi demonstrasi besar-besaran mahasiswa dari sejumlah Perguruan Tinggi dan elemen organisasi kemahasiswaan di depan gedung Kantor DPRD Provinsi NTB, yang sempat mengalami kericuhan, Kamis, 26 September 2019 lalu. Situasi dan aktivitas di kantor para wakil rakyat itu sudah berlangsung normal, Jumat, 27 September 2019.

Sekretaris DPRD Provinsi NTB, Mahdi Muhammad yang ditemui di ruangannya, mengatakan bahwa dampak aksi demonstrasi mahasiswa tersebut memang terdapat sejumlah fasilitas yang mengalami kerusakkan. Hanya saja, kerusakannya masih dalam kategori ringan dan tidak sampai mengganggu aktivitas wakil rakyat dalam melaksankan kegiatan tugas dan fungsinya.

“Kita lihat saran dan prasarana yang menunjang kegiatan anggota DPRD, alhamdulillah masih aman. Masih bisa digunakan dengan baik. Suman yang mengalami kerusakan adalah proses pengerjaan pagar depan. Itu yang masih kena kerusakan, karena pengerjaan masih berlangsung,” katanya.

Jika ditotal keseluruhan kerusakan yang terjadi akibat aksi demonstrasi tersebut, menurut Mahdi sekitar puluhan juta. Sebab, kerusakan tidak banyak. “Hanya proses pengerjaan pagar depan saja yang sedikit rusak dan itu masuk dalam kategori keadaan luar biasa, karena huru hara, nanti kita akan perhitungkan kembali kekurangannya dengan kontraktor. Ya kalau ditotal tidak sampai Rp100 juta,” jelasnya.

Mahdi pun mengimbau kepada mahasiswa agar ke depan dalam menyampaikan aspirasinya dilakukan dengan dengan cara-cara yang baik, tidak sampai terjadi tindakan anarkis. Apalagi sampai menjatuhkan korban luka-luka dan melakukan perusakan pada fasilitas publik. Menurutnya, dewan sebagai lembaga perwakilan rakyat, akan selalu mendengarkan apapun aspirasi yang disampaikan.

“Boleh sampaikan aspirasi, kami mendukung namun tidak anarkis. Tidak merusak sarana dan parasaran. Sehingga tidak mengganggu aktivitas. Kemarin agak terganggu, tapi bisa berjalan, dan penanganan aksi demonstrasi ke depan bisa lebih soft lagi sehingga tidak terjadi bentrok,” katanya.

  Rapat Pleno Golkar Loteng Sudah Putuskan Dukung Suhaili di Pilgub NTB 2018

Pantauan Suara NTB di sekitar kantor DPRD NTB, bekas sampah dan batu-batu bekas lemparan massa aksi ke dalam halaman kantor sudah mulai dibersihkan. Penjagaan dari aparat keamanan di kantor wakil rakyat masih dilakukan oleh aparat kepolisian. (ndi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here