Dermaga Utara Maringkik Dibangun Diduga Tak Sesuai Fungsinya

Kondisi dermaga utara Pulau Maringkik (Suara NTB/bul)

Selong (Suara NTB) – Pemerintah belum lama ini membangun sebuah dermaga rakyat di bagian utara Pulau Maringkik, Kabupaten Lombok Timur. Awalnya dibangun untuk kemudahan mobilitas antar pulau masyarakat setempat. Sayangnya hajat tersebut tak kesampaian.

Pulau Maringkik dibangunkan dua dermaga oleh pemerintah. Di bagian utara dan bagian selatan. Hanya dermaga yang di bagian selatan yang difungsikan dan cukup menunjang mobilitas antar pulau masyarakat setempat. Beda halnya dengan dermaga utara. Kondisinya justru mengkhawatirkan. Selain tak dapat difungsikan untuk sandar perahu-perahu pengakut barang. Dermaga juga nampak mulai miring.

Rupanya masyarakat setempat juga khawatir, jangan-jangan ambruk. “Dermaga ini padahal baru dibangun. Sekitar tahun 2015. Tapi kita tetap syukur pemerintah membangunkan kita,” kata beberapa warga Pulau Maringkik. Dermaga ini hanya dijadikan tempat nongkrong dan memancing masyarakat setempat.

Baca juga:  Polda NTB Usut Anggaran ’’Event’’ Pariwisata Dispar Provinsi NTB

Itupun di bagian yang tidak miring. Turun naik penumpang dan perahu nelayan juga difungsikan bagian tangga di sisi kiri kanan dermaga yang konstruksinya tak miring. Seharusnya, dermaga ini dapat difungsikan untuk menurun naikkan penumpang dan barang di bagian ujung dermaga. Tapi tak berfungsi seperti itu. Karena pemerintah membangun dermaga ini tanpa disiapkan ponton sebagai tempat menurun naikkan barang dan penumpang perahu – perahu nelayan.

Dari informasi warga setempat, anjang dermaga 254 meter. 100 meter panjang dermaga yang konstruksinya miring. Itupun di bagian tengah dermaga. Sehingga untuk ke ujung dermaga, dengan membawa barang akan cukup mengkhawatirkan. Di  bawah dermaga juga seharusnya dapat dimanfaatkan. tapi masyarakat di sana juga khawatir. Terutama di bagian dermaga yang telah miring.

Baca juga:  Soal Persenan TP4D, Kejati NTB Ingatkan Mantan Kadispar Lobar

Dari hasil pantauan media ini, kemiringan konstruksi dermaga terlihat sangat jelas. Bahkan, di ruas-ruas tertentu konstruksinya terpisah dengan ruas yang lain. Jika dilihat dari permukaan sepanjang dermaga, nampak bergelombang dan kemiringannya sangat jelas.

Alhasil, dermaga ini difungsikan hanya sebagai tempat rekreasi saja masyarakat di Pulau Maringkik. Menurut Agus, salah seorang perangkat desa Pulau Maringkik, dermaga utara ini sangat penting bagi masyarakat Pulau Maringkik. Dari dermaga ini, masyarakat memanfaatkannya untuk menyeberang langsung ke Pulau Lombok, membawa penumpang, dan membawa barang. Sekaligus menghubungkan dermaga ke pasar di Tanjung Luar, Lombok Timur.

Baca juga:  Pembunuhan Warga Aik Nyet Bermotif Cemburu

“Awalnya sangat berharap fungsi dermaga untuk menunjang aktivitas niaga dari dan ke Maringkik. Pedagang-pedagang bisa memanfaatkan dermaga ini seharusnya,” kata Agus. Dermaga dapat berfungsi bila pembangunannya sekalgus dilengkapi dengan ponton. “Karena tidak ada ponton, apalagi kalau air surut, dalam. Bagaimana perahu bisa sandar dan orang bisa turun naik. Kondisi dermaga ini sudah kita laporkan tahun kemarin,” demikian Agus. (bul)