Dermaga Padangbai Diperbaiki, Pelayanan di Pelabuhan Lembar Terganggu

Antrean kendaraan di Pelabuhan Lembar terjadi hingga Selasa, 10 Desember 2019, akibat perbaikan Dermaga I di Pelabuhan Padangbai, Bali. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Pelayanan di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat (Lobar) terganggu Selasa, 10 Desember 2019 dini hari kemarin. Pemicunya,  karena ada perbaikan dermaga di Pelabuhan Padangbai, Bali. Terganggunya pelayanan, mengakibatkan antrean kendaraan mengular hingga hampir satu kilometer ke luar area parkir pelabuhan. Untuk mencegah kemacetan agar tidak semakin parah, aparat kepolisian pun turun mengurai lalu lintas.

GM Supervisi ASDP, Adrian Runtukahu mengatakan, penyebab antrean kendaraan tersebut karena masih adanya perbaikan Dermaga I Padangbai, Bali.  Untuk saat ini katanya, dermaga ini masih ditutup. Estimasi perbaikan dermaga tersebut selama 3 hari terhitung dari  Minggu 8 Desember 2019.

‘’Karena perbaikan tersebut, dermaga yang ada di Bali hanya satu saja yang beroperasi. Ini yang menyebabkan terjadinya antrean dan kapal mengapung menunggu giliran bersandar di dermaga Pelabuhan Padang Bai. Ini berdampak terhadap pelayanan di Pelabunan Lembar,’’ ujarnya.

Baca juga:  Omzet Besar, Retribusi Cidomo di Tiga  Gili Masih Minim

Dijelaskan, durasi bongkar muat untuk pelabuhan Lembar normalnya 90 menit. Namun dampak perbaikan dermaga ini,  durasi bongkar muat pun diatur menjadi 120 menit atau dua jam. Hal ini kata dia,  dimaksudkan agar tidak terjadi penumpakan kapal yang mengapung di kawasan Pelabuhan Padangbai. Hanya saja hal ini, berdampak terhadap aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Lembar sehingga terjadi antrean kendaraan.

Menurutnya, perbaikan sementara di dermaga Pelabuhan Padangbai Bali merupakan upaya ASDP untuk antisipasi arus kendaraan menjelang Natal dan menyambut tahun baru.

Koordinator Satuan Pelayanan Penyeberangan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah Lembar, Nelson Dalo mengatakan, pihakya sudah melakukan langkah-langkah penanganan dengan mengatur jadwal penyeberangan sehingga tidak terjadi penumpukan antrean kapal  yang mengapung di Padangbai. Namun tetap berdampak terjadinya antrean kendaraan yang akan menyeberang darii Pelabuhan Lembar.

Baca juga:  Parkir Sembarangan, Dishub Kembali Gembok Ranmor

Sementara itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Iptu I Wayan Sugiana mengatakan, upaya Kepolisian  mengantisipasi kemacetan lalu lintas akibat antrean ini, di back-up Polres Lobar melakukan pengaturan lalu lintas dengan memberlakukan buka tutup arus kendaraan.

Di samping itu pula, kendaraan yang mengantri diarahkan menuju area parkir Pelindo III untuk meminimalisir penumpukan kendaraan. ‘’Kepada masyarakat pengguna jasa penyeberangan Pelabuhan Lembar, kami mengimbau agar tidak membawa banyak barang. Sehingga tidak merepotkan saat menunggu kapal sandar di Pelabuhan Padangbai,’’  imbaunya.

Di samping itu pihaknya menyarankan mengatur ulang jadwal keberangkatan sebab diperkirakan kepadatan arus penyeberangan terjadi pada malam hari. (her)