27 Seller Promosikan Wisata NTB di Jakarta

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah saat membuka kegiatan bertajuk NTB Kompak Bersinergi Bersama, Sales Session Lombok Sumbawa di Hotel Harris Tebet, Jakarta Selatan,  Selasa,  3 Desember 2019. (suarantb.com/humasntb)

Jakarta (suarantb.com) – Tidak kurang dari 27 seller mempromosikan pariwisata NTB di Jakarta hari ini, Selasa, 3 Dedember 2019. Para seller dari NTB itu terdiri dari para pengusaha perhotelan, pelaku wisata dan para pengusaha travel. Kegiatan itu bertajuk NTB Kompak Bersinergi Bersama, Sales Session Lombok Sumbawa.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Harris Tebet, Jakarta Selatan itu dibuka Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah didampingi Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE.,M.Sc serta sejumlah kepala OPD. Hadir juga Wakil Ketua DPRD NTB, H. Mori Hanafi pada Kegiatan yang digagas Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB tersebut.

Wakil Gubernur NTB mengatakan pemerintah provinsi tetap berupaya agar pariwisata NTB terus mengalami kemajuan. NTB lanjutnya, tidak hanya menawarkan pantai, air terjun, gunung Rinjani dan Tambora yang sudah menjadi geopark dan biosfer dunia. Tapi juga menawarkan budaya-budaya yang luar biasa unik, dari tiga suku  yang ada, yaitu  Sasak, Samawa dan Mbojo.

“Begitu banyak yang bisa dieksplor dari tiga suku tersebut. Dari sisi budaya kesenian pakaiannya, tenunnya. Jadi kalau orang tanya tenun di NTB itu bagaimana, tunggu dulu, tenun yang mana karena setiap kabupaten kota itu memiliki puluhan jenis tenun masing-masing,” jelasnya di hadapan puluhan bayers dan sellers yang hadir.

Warga NTB,  tegas Wagub,  harus bersyukur karena memiliki daerah seperti NTB itu sangat indah. Rata-rata para tamu yang datang katanya, menilai bahwa NTB itu seperti surga.

“Tinggal bagaimana seluruh pelaku pariwisata kompak bekerjasama. Apalagi Ketua Dekranasda NTB kita memiliki kesungguhan dalam bekerja. Bahkan impian kita di NTB itu menjadi pusat fashion muslim dunia yang diangkat dari tenun NTB itu sendiri. Jadi itu bukan hanya impian dan kita akan mewujudkan dan itu pasti bisa selama kita kompak,” katanya.

Karena itu, Wagub yang akrab sapa Umi Rohmi itu mengajak semua pihak, eksekutif, legislatif dan para pelaku wisata untuk membangun sinergi yang harmonis.

“Kalau kompak, Insya Allah semua bisa dilaksanakan dengan baik, bagaimana cara kita mengumpulkan semua energi menjadi sebuah kekuatan yang luar biasa besar,” ungkap Umi Rohmi

Sementara itu, Kepala BPPD NTB, Anita Ahmadi mengatakan, kegiatan Sales Session ini dimaksudkan untuk memperkenalkan potensi pariwisata NTB. Selama ini katanya, ia telah berkeliling Indonesia, bahkan ke luar negeri untuk memperkenalkan NTB. Sambil meyakinkan bahwa NTB sudah aman.

Sebab, musibah gempa bumi tahun lalu berdampak pada menurunnya angka kunjungan wisatawan. Karena itu, ia mengajak semua pihak untuk bahu membahu, bersama-sama dan kompak untuk membangun pariwisata NTB.

Salah satu buyer yang mengikuti kegiatan tersebut, Tengku Mazrita, dari Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia, di Jakarta mengatakan akan mendukung pariwisata NTB.

“Saya ke sini untuk silaturrahmi sekaligus untuk mempromosikan NTB,” katanya.

Ia mengaku NTB memiliki daya tarik sendiri. Sehingga, wanita yang punya usaha Travel Transforma itu akan membantu pariwisata NTB. Meski baru sekali ke NTB, namun ia memiliki kerjasama dengan para pelaku pariwisata di NTB. (*)