Maju Pilkada, Pejabat Pemprov Harus Mundur Paling Lambat 16 Juni 2020

Fathurrahman (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah pejabat Pemprov NTB akan ikut bertarung dalam Pilkada 2020. Hal tersebut sesuai UU No.10 Tahun 2016 tentang Pilkada. Sesuai jadwal Pilkada 2020, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 16 Tahun 2019, PNS yang maju dalam Pilkada harus mengundurkan diri paling lambat 16 Juni 2020.

‘’PNS yang ikut Pilkada harus mundur sampai tanggal 16 Juni 2020,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si dikonfirmasi Minggu, 1 Desember 2019 siang.

Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov NTB akan maju dalam Pilkada 2020 mendatang. Seperti Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB, H. Ahsanul Khalik, S. Sos, MH yang akan ikut bertarung di Pemilihan Walikota/Wakil Walikota Mataram. Kemudian, Kepala Dinas Perdagangan NTB, Dra. Hj. Putu Selly Andayani, M. Si yang juga akan ikut bertarung di Pilkada Kota Mataram.

Baca juga:  Daftar di Golkar, Mohan Belum Tentukan Pendamping

Selain itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) NTB, Drs. H.L. Saswadi, MM dan Staf Ahli Gubernur, Drs. H. L. Syafii, MM dan Kepala Dinas Perhubungan NTB, Drs. H. L. Bayu Windia, M. Si yang akan ikut bertarung dalam Pemilihan Bupati/Wakil Bupati Lombok Tengah (Loteng).

Sebanyak  tujuh kabupaten/kota akan menggelar Pilkada serentak di NTB tahun 2020. Antara lain, Lombok Utara, Kota Mataram, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu dan Bima.

Baca juga:  Ahda Berpeluang Pasangan dengan Mohan

Diketahui, pada Pilkada serentak di tujuh kabupaten/kota 2015 dilaksanakan pada 9 Desember 2015. Sedangkan pelantikan tujuh kepala daerah/wakil kepala daerah terpilih dilakukan pada Rabu, 17 Februari 2016.

Adapun tujuh bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota yang dilantik pada waktu itu adalah, pasangan Ahyar – Mohan di Kota Mataram, Suhaili-Pathul di Lombok Tengah dan Najmul-Syarif di Lombok Utara. Sementara untuk Kabupaten Sumbawa adalah Husni Djibril-Mahmud Abdullah, Musyafirin-Fud Syaifuddin di KSB. Kemudian Kabupaten Bima dan Dompu masing-masing adalah pasangan Indah Dhamayanti Putri-Dahlan dan Bambang M.Yasin-Arifuddin. (nas)