Pengembangan The Mandalika, Jangan Lupakan Masyarakat Lokal

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo didampingi Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah dan pejabat ITDC mengunjungi kawasan The Mandalika, Rabu, 27 November 2019 kemarin. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Gubernur NTB, mendapat penjelasan soal pembangunan The Mandalika dari Dirut ITDC, Abdulbar M.Mansoer. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, mengingatkan kepada PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) agar tetap memperhatikan masyarakat lokal dalam mendukung pengembangan kawasan The Mandalika. Dengan begitu masyarakat sekitar bisa merasakan manfaat dari pengembangan destinasi wisata tersebut.

‘’Fungsinya, tempat pariwisata itu harus punya dampak secara langsung kepada masyarakat,’’ tegas Wishutama, saat mengunjungi kawasan The Mandalika, Kuta Lombok Tengah (Loteng), Rabu, 27 November 2019 kemarin. Menurutnya, keberadaan The Mandalika bagi masyarakat sekitar paling tidak mampu menumbuhkan ekonomi kreatif. Misalnya, di sektor kuliner, fashion sampai kriya dan fotografi serta videografi.

Dalam hal ini, tentu masyarakat sekitar kawasan The Mandalika tidak bisa dibiarkan sendiri. Karena tidak semua masyarakat siap dengan perubahan dari adanya pengembangan kawasan pariwisata tersebut. Maka perlu kemudian ada pendampingan berupa pelatihan di awal-awal pengembangan.

Baca juga:  Sirkuit Mandalika Segera Diaspal

Sehingga begitu pembangunan kawasan selesai, fasilitas pariwisata tuntas dibangun, kemudian wisatawan banyak yang dating. Masyarakat sudah sangat siap dengan perubahan tersebut. ‘’Kata kuncinya di situ. Jangan sampai pembangunan infrastruktur (pariwisata) tidak bisa dirasakan oleh masyarakat,’’ tandasnya.

Karena memang setiap pembangunan, termasuk pembangunan disektor pariwisata bagaimana bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Lapangan pekerjaan terbuka, sehingga ekonomi masyarakat terangkat. Yang pada akhirnya bisa meningkatkan taraf kesejateraan masyarakat. ‘’Kita bangun dengan susah payah kan juga untuk itu (masyarakat),’’ ujarnya.

Baca juga:  Pembangunan RS Internasional MotoGP, Pemerintah Pusat Alokasikan Rp40 Miliar

Menteri Pariwisat dan Ekonomi Kreatif datang  didampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo bersama beberapa pejabat di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkifliemansyah juga turut mendampingi bersama Komisaris ITDC, Drs.HL. Gita Ariadi, M.Si.

Dari jajaran ITDC, tampak Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer, Direktur Kontruksi dan Operasi ITDC, Ngurah Wirawan. CEO AirAsia Indonesia Vertanita, GM. PT. Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA), Nugroho Jati juga ikut mendampingi. ‘’Prinsipnya pengembangan pariwisata harus dapat dirasakan banyak orang,’’ ujar Wishnutama. (kir)