Pasokan Listrik Diperkirakan Normal Akhir November

Muhammad Husni (Suara NTB/dok)

Advertisement

Mataram (Suara NTB) – Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) NTB, Ir. Muhammad Husni, M. Si mengatakan, pasokan listrik di Pulau Lombok ditargetkan akan kembali normal akhir November ini. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc telah meminta PLN agar mempercepat perbaikan beberapa pembangkit yang sedang dalam masa pemeliharaan.

Dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 20 November 2019 siang, Husni mengatakan ada beberapa pembangkit di PLTU Jeranjang yang sedang dalam masa pemeliharaan. Berdasarkan surat yang diterima dari PLN, beban puncak untuk sistem kelistrikan Lombok pada saat ini sebesar 259 MW. Dan daya mampu pembangkit yang tersedia sebesar 223 MW.

Sehingga terdapat kekurangan daya sebesar 36 MW. Dengan adanya defisit daya tersebut, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) harus melakukan pemadaman bergilir. Husni mengatakan, sesuai penjelasan PLN dalam surat tersebut, ada penurunan daya mampu pembangkit yang ada.

Yakni, PLTU Jeranjang Unit 1 kapasitas 25 MW keluar dari sistem dan langsung memasuki masa pemeliharaan. Kemudian, beberapa pembangkit di PLTD Ampenan dan PLTD Paokmotong dengan total kapasitas 17 MW memasuki masa pemeliharaan. Selain itu, berkurangnya debit air di beberapa daerah. Sehingga mempengaruhi kemampuan produksi PLTMH. Dari kapasitas 6,5 MW menjadi 3,5 MW.

Husni menambahkan, beberapa upaya yang dilakukan PLN untuk mempercepat normalnya pasokan listrik di sistem Lombok. Antara lain, PLTD Paokmotong kapasitas 5 MW telah beroperasi kembali 13 November lalu. Kemudian percepatan pemeliharaan PLTU Jeranjang unit I. Dari periode waktu 56 hari menjadi 45 hari. Target penyelesaiannya tanggal 21 Desember 2019.

Kemudian percepatan pengoperasian PLTU Jeranjang unit II kapasitas 25 MW. PLTU Jeranjang unit II ditargetkan beroperasi pada minggu ketiga November ini. Selain itu, kata Husni, percepatan pengoperasian PLTGMU Lombok Peaker dengan daya 130 MW secara bertahap. Target beroperasi maksimal 20 Desember 2019, sebesar 30 MW diharapkan memperkuat sistem Lombok pada minggu ketiga November ini. (nas)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.