Penyandang Disabilitas Bisa Ikut Seleksi CPNS Formasi Umum

Fathurrahman (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pelamar penyandang disabilitas tak lagi dibedakan dalam seleksi penerimaan CPNS 2019. Kesempatan itu terbuka, menyusul Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) mengeluarkan surat edaran nomor B/1236/M.SM.01.00/2019 tanggal 19 November 2019.

Selain dapat mendaftar seleksi CPNS formasi khusus untuk guru Sekolah Luar Biasa (SLB). Pelamar penyandang disabilitas juga dapat ikut seleksi CPNS formasi umum sesuai formasi yang diinginkan  seperti tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Sepanjang mempunyai ijazah yang kualifikasi pendidikannya bersesuaian dengan formasi jabatan CPNS 2019.

‘’Ada surat keputusan Menpan RB bahwa ada perubahan persyaratan khusus penyandang disabilitas. Jadi, tidak lagi dibedakan dengan pelamar umum,’’ kata Kepala BKD NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 20 November 2019.

Dijelaskan, dalam pengumuman penerimaan CPNS Gubernur NTB  Nomor : 811.3/3849/BKD/2019 Tanggal 7 November 2019 mengenai seleksi penerimaan CPNS 2019 pada huruf “C Kapital“  Persyaratan Khusus. Pada angka 3 tertulis Pelamar Penyandang Disabilitas, yang melamar pada formasi khusus adalah pelamar yang menyandang disabilitas/berkebutuhan khusus, dengan kriteria mampu melihat, mendengar dan berbicara dengan baik.

Baca juga:  Seleksi CPNS, Pelaksanaan SKD Dimulai 27 Januari 2020

Kemudian mampu melaksanakan tugas seperti menganalisa, mengetik dan menyampaikan buah pikiran, berdiskusi serta hal-hal lain yang dibutuhkan dalam melaksanakan tugas. Serta mampu bergerak dengan menggunakan alat bantu gerak selain kursi roda.

Fathurrahman mengatakan, ketentuan dalam persyaratan khusus  tersebut diubah. Menjadi Para Penyandang Disabilitas dapat mendaftar pada formasi jabatan yang diinginkan. Apabila mempunyai ijazah yang kualifikasi pendidikannya bersesuaian dengan formasi jabatan dan kualifikasi pendidikan yang tercantum dalam rincian/lampiran Keputusan Menpan RB di masing-masing instansi.

Baca juga:  Perebutkan 3.204 Formasi, 77.622 Pelamar Berjuang Jadi CPNS di NTB

‘’Jadi, sekarang penyandang disabilitas bisa mendaftar di formasi khusus dan formasi umum. Bisa daftar di formasi tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan tenaga teknis,’’ terangnya.

Dalam seleksi penerimaan CPNS 2019, Pemprov membuka formasi untuk penyandang disabilitas khususnya untuk Sekolah Luar Biasa (SLB). Seperti  guru kelas SLBN 1 Lombok Timur, guru kelas SLBN 2 Lombok Barat, guru kelas SLBN 1 Kota Bima, guru kelas SLBN 1 Sumbawa Barat, guru kelas SLBN 1 Mataram, guru kelas SLBN 2 Mataram dan  guru kelas SLBN 1 Dompu.

Dengan adanya perubahan persyaratan khusus untuk penyandang disabilitas sesuai surat edaran Menpan RB tersebut. Maka para pelamar penyandang disabilitas yang ada di NTB sekarang bisa juga ikut seleksi CPNS formasi umum. Sepanjang kualifikasi pendidikannya bersesuaian dengan formasi jabatan dibuka lowongannya. (nas)