Pendaftar CPNS 2019 Dipermudah

Salah seorang warga yang akan mengikuti CPNS menanyakan syarat pendaftaraan untuk SSCPNS 2019 di Kantor BKD NTB (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah memutuskan untuk menurunkan passing grade atau nilai ambang batas pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Hal itu mempertimbangkan passing grade sebelumnya yang dinilai terlalu tinggi, sehingga hanya sedikit CPNS yang berhasil lulus.

‘’Tahun ini ada informasi yang menggembirakan. Nilai ambang batas turun dari kemarin. Sekarang total akumulatifnya 271 poin,’’ sebut Kepala BKD NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si, ketika dikonfirmasi, Selasa, 12 November 2019 di Mataram.

Untuk tahun 2019, masing-masing tes memiliki passing grade 126 poin untuk Tes Karakteristik Pribadi (TPK), 80 poin untuk Tes Intelegensi Umum (TIU), dan 65 poin untuk Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). ‘’Tahun kemarin TKP 143, kemudian TWK 75,’’ katanya.

Diterangkan Fathurrahman, pemerintah daerah menurungkan passing grade tersebut dengan tetap menjaga kualitas soal. ‘’Tentu (penurunan) melihat juga dari tingkat kerumitan soal-soal yang diberikan,’’ ujarnya.

Baca juga:  Salah Surat Lamaran, 533 Pelamar CPNS Pemprov Berpeluang Diluluskan

Terkait pendaftaran, BKD NTB masih mengkoordinasikan situs untuk Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSC-ASN) yang sampai saat ini belum dapat dibuka di beberapa tempat. Menurut Fathurrahman, beberapa kendala berkaitan dengan validasi terkait formasi yang belum bersesuaian dengan kualifikasi pendidikan yang diperlukan.

Sampai saat ini, hanya ada dua kabupaten yang berhasil melaksanakan pembukaan CPNS. Yaitu Lombok Tengah dan Sumbawa. Sedangkan untuk kabupaten/kota lainnya, termasuk provinsi masih menunggu validasi yang tengah dilakukan.

‘’Kalau di provinsi masih ada satu formasi jabatan berkaitan dengan kualifikasi pendidikan SMK. Di sana masih ahli, seharusnya terampil saja karena kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan itu,” ujar Fathurrahman. Untuk Lombok Tengah,  sampai dengan Selasa, 12 November 2019 telah ada 5 orang yang melakukan pendaftaran. Sedangkan untuk Sumbawa sudah ada 3 orang.

Baca juga:  Hasil Verifikasi Faktual, 1.050 Pelamar CPNS Pemprov Dinyatakan TMS

Keterlambatan pembukaan seleksi, disebut tidak akan memengaruhi waktu seleksi. ‘’Kapan tanggal atau hari pendaftaran bisa diakses masyarakat pelamar, maka akan diperpanjang nantinya sampai genap 15 hari dari waktu pendaftaran,’’ katanya.

Untuk CPNS 2019, BKD NTB memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah pendaftar. Mengingat ada beberapa formasi yang bertambah dan kualifikasi pendidikan yang lebih banyak untuk setiap formasi. Selain itu, passing grade juga diturunkan, kenaikan jumlah pelamar diperkirakan mencapai 30% dari tahun sebelumnya.

‘’Kalau melihat pengalaman 2018, kita seluruh NTB termasuk kabupaten/kota hampir 62.000 pelamar. Kenaikan (jumlah) pelamar 30%, kita akan antisipasi tes SKD (Seleksi Kompetisi Dasar),’’ pungkas Fathurrahman. (bay)