Hj. Niken Raih Penghargaan Bunda PAUD Tingkat Nasional

Bunda PAUD Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah tengah bermain dengan anak-anak dalam rangkaian dari perayaan Hari Anak Nasional, di Mataram, baru-baru ini. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Provinsi NTB kembali mencatatkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah, SE, M.Sc bersama Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa, Hj. Amien Rahmani Husni Djibril, meraih penghargaan Bunda PAUD terbaik tingkat nasional.

Keputusan mengenai penghargaan itu dituangkan dalam keputusan Menteri Pendidikan Nasional, Nadiem Anwar Makarim, bernomor 416/P/2019 Tentang Penerima Penghargaan Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Keluarga Tahun 2019, tertanggal 4 November 2019.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda NTB, Najamuddin Amy, S.Sos, MM dalam rilis yang diterima Suara NTB, Selasa, 12 November 2019, menerangkan, penghargaan yang diraih Hj. Niken ini merupakan buah kerja keras berbagai pihak. Upaya membangun PAUD di NTB, menurutnya merupakan bagian dari komitmen Pemprov NTB dalam memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM) NTB sejak usia dini.

Baca juga:  Hj. Niken : Guru PAUD adalah Orang-orang Terpilih

Menurut Najamuddin, NTB harus memiliki generasi yang cerdas dan berkualitas. Dan hal ini harus dibentuk dari usia dini. “Karena itulah, komitmen Bunda PAUD NTB, sangat terlihat dengan adanya berbagai terobosan yang telah dilakukan untuk meningkatkan tata kelola PAUD di NTB,” ujarnya.

Dalam berbagai kesempatan, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah pun kerap mengutarakan pentingnya pembentukan PAUD yang Holistik Integratif. Ia melihat, PAUD yang ada di NTB baru sebatas PAUD. Artinya belum holistik terintegratif. Dengan menjadi PAUD holistik integratif, maka akan terhubung dengan pelayanan Posyandu dan Bina Keluarga Balita (BKB).

Baca juga:  Hj. Niken Dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Berprestasi Tingkat Nasional

“Alangkah baiknya pendidikan balita yang merupakan investasi sangat besar itu merupakan pendidikan menyeluruh. Yang memiliki akses kesehatan dan bagaimana orang tua mendidik balita,” katanya.

Niken pun memberikan apresiasi terhadap Kabupaten Sumbawa yang telah mencanangkan diri sebagai kabupaten yang sangat peduli dengan PAUD holistik integratif. Komitmen Kabupaten Sumbawa ini juga terbayar dengan diraihnya penghargaan Bunda PAUD Nasional oleh Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa, Hj. Amien Rahmani Husni Djibril.

Untuk diketahui, selain Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dan Hj. Amien Rahmani Husni Djibril, warga NTB, Nurisah dan Nurhayati juga mendapatkan Penghargaan Orang Tua Hebat. (r)