Calo CPNSD Gentayangan, Lapor ke Posko BKD

Yus Harudian Putra (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB merespon kekhawatiran praktik percaloan pada perekrutan CPNSD. Bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten/Kota, membentuk posko pengaduan atau help desk dalam rekrutmen CPNS 2019. Para pelamar dapat menyampaikan aduan, konsultasi dan curhatan terkait proses rekrutmen CPNS 2019.

Sekretaris BKD NTB, Yus Harudian Putra, S. STP menjelaskan Panitia Daerah menyiapkan saluran atau kanal bagi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan dan berkonsultasi mengenai rekrutmen CPNS 2019. Kanal pengaduan tersebut disiapkan baik melalui online maupun offline.

 

“Bagi masyarakat kita siapkan help desk pengaduan. Baik melalui online, kita punya medos dan website. Ataupun bisa datang langsung ke kantor. Kita sudah siapkan semacam help desk, jadi pusat informasi dan aduan,” kata Yus dikonfirmasi Suara NTB, Senin, 11 November 2019.

Baca juga:  Pendaftaran CPNS NTB Diperpanjang hingga Kamis

Lewat kanal pengaduan yang telah disiapkan, BKD siap menerima konsultasi dan pengaduan dari masyarakat setiap hari pada jam kerja. Mulai dari pukul 08.00 – 16.00 Wita. Bahkan, dalam pengumuman penerimaan CPNS 2019 yang sudah diumumkan Senin kemarin, BKD mencantumkan nomor kontak bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi atau menyampaikan aduan lewat SMS maupun telepon. “Semua saluran kita buka untuk menerima aduan, curhatan, konsultasi dari masyarakat. Masyarakat jangan sekali-kali terpengaruh iming-iming calo. Yakin saja, seluruh proses rekrutmen ini terbuka dan transparan,” katanya.

Baca juga:  Penerimaan CPNS, Standar Nilai ‘’Passing Grade’’ Turun

Pemprov NTB dan Pemda Kabupaten/Kota melalui BKD dan BKPSDM membuka ruang seluas-luasnya kepada masyarakat memanfaatkan semua saluran komunikasi  yang telah disiapkan. Apabila ada ketentuan yang berkaitan dengan persyaratan-persyaratan, BKD juga siap memberikan penjelasan kepada masyarakat.

“Kita sudah buatkan help desk, pusat informasi dan pengaduan. Kita imbau masyarakat jangan mudah terpengaruh. Kalau ada yang menawarkan bantuan. Jangan percaya. Jika ada yang belum jelas, langsung saja datang ke BKD provinsi dan BKD kabupaten/kota,” tandasnya. Terkait dengan help desk ini, Yus mengatakan pihaknya sudah menginformasikan kepada seluruh BKPSDM kabupaten/kota. Bahwa BKPSDM harus membentuk posko yang sama. (nas)