Jiwa Pahlawan Perlu Dipupuk dari Bangku Sekolah

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah dan Wagub, Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyerahkan bingkisan kepada para veteran dalam momen peringatan Hari Pahlawan 2019 (Suara NTB/bay)

Advertisement

Mataram (Suara NTB) – Dalam momen peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 Wakil Gubernur NTB (Wagub), Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd mengharapkan munculnya semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa, termasuk di NTB, untuk menjadi pahlawan masa kini. Hal itu dapat diimplementasikan dalam bentuk aksi nyata memperkuat keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Wagub yang akrab disapa Umi Rohmi tersebut hal itu dapat dilakuan dengan berbagai cara. Seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum. ‘’Tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melakukan perbuatan anarkis dan lain sebagainya juga,’’ ujarnya ketika menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Pahlawan, Minggu, 10 November 2019.

Selain itu, saat membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI, Wagub juga mengajak agar semangat yang ditunjukkan oleh pahlawan dan pejuang kemerdekaan hendaknya perlu terus ditumbuh-kembangkan. ‘’Dengan begitu jasa, pengorbanan para pahlawan bisa kita hargai,’’ ujar Umi Rohmi.

Wagub Hj. Sitti Rohmi Djalilah, saat berziarah ke Makam Pahlawan Nasional TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid di Kompleks Musala Al. Abror YPH-PPD NW Pancor, Minggu, 10 November 2019. (Suara NTB/yon)

Hal itu disebut sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh salah satu bapak pendiri bangsa, Bung Karno, yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar. Diterangkan Umi Rohmi, jika dahulu semangat kepahlawanan dilakukan dengan menunjukkan pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang untuk menjadi pahlawan bisa juga dilakukan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang, memberikan kemaslahatan, serta membawa harum nama bangsa.

Dengan semangat tersebut, kesadaran untuk mencintai tanah air diharapkan dapat menjadi modal untuk membela dan menjaga keutuhan NKRI. ‘’Jangan biarkan tangan-tanagan jahil atau pihak yang tidak bertanggung jawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan biarkan negeri kita terkoyak, tercerai-berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,’’ ujar Umi Rohmi.

Dalam kesempatan itu Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE. M.Sc yang menyerahkan bingkisan kepada para veteran yang hadir. Selain itu disalurkan juga bantuan rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni (RS-RTH) dari Kemneterian Sosial RI untuk 630 unit rumah fakir miskin di lima kabupaten di NTB.   Hadir juga Ketua TP PKK NTB, Hj.Niken Saptarini Zulkieflimansyah, Pejabat Sekda NTB, Dr. H. Iswandi, M.Si, Anggota Forkompimda dan pejabat lingkup Pemprov NTB.

Lima kabupaten tersebut adalah Bima dengan 190 unit RTH, Sumbawa 150 unit RTH, Sumbawa Barat 100 unit, Lombok Timur 150 unit, dan Lombok Barat 40 unit. Masing-masing keluarga pemilik RTH tersebut akan menerima total bantuan sebesar Rp15 juta.

Pahlawan Masa Kini

Sementara itu, Wagub mengajak seluruh masyarakat NTB untuk menjadi pahlawan masa kini. Langkah dilakukan dengan mencontoh perjuangan dan pergerakan yang dilakukan oleh seluruh pahlawan nasional di Indonesia dalam merebut kemerdakaan Indonesia dari tangan para penjajah.

Demikian disampaikan Wagub usai melakukan ziarah makam TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid di Kompleks Musala Al. Abror YPH-PPD NW Pancor, Minggu (10/11). Untuk itu, lanjutnya, sudah sepatutnya mencontoh perjuangan dari pahlawan nasional asal NTB, TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid, yang semasa hidupnya bersungguh-sungguh berjuangan untuk ummat, bangsa dan agama.

Untuk menjadi pahlawan masa kini, Umi Rohmi yang juga cucu dari TGKH. M. Zainuddin Abdul Madjid mengatakan, harus berjuang sesuai kapasitas masing-masing supaya apa yang dicita-citakan untuk NTB, mewujudkan NTB Gemilang dapat terealisasi dengan baik.

Dalam ziarah makam ini diawali dengan upacara militer dipimpin langsung oleh Wagub. Hadir dalam ziarah makam tersebut, mantan Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, Penjabat Sekda NTB, Bupati Lotim, H. M. Sukiman Azmy,MM yang memimpin doa.

Usai melakukan ziarah makam, rombongan dari pejabat Pemprov NTB melakukan ramah tamah di Pendopo Bupati Lotim. Dalam momentum Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November, mengingatkan peristiwa perang bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja. Melainkan memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan warga negara Indonesia. (bay/yon)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.