BPK Audit PAD Destinasi Wisata di NTB

Kepala BPK NTB Hery Purwanto menyerahkan pelakat kenang kenangan kepada Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Harian Suara NTB H. Agus Talino,  saat berkunjung ke Kantor Redaksi Harian Suara NTB, Jumat, 8 November 2019. (Suara NTB/ars)

Mataram (Suara NTB) – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan atensi pada pengelolaan  pariwisata di NTB, khususnya untuk sektor pemasukan bagi daerah. Audit akan dilakukan secara umum, diawali di Kabupaten Lombok Utara (KLU).

Kepala BPK NTB Hery Purwanto mengatakan, tiga segmen jadi perhatian pihaknya dalam proses audit sektor pariwisata mendatang. Pertama, terkait proses pengelolaan sektor pariwisata, lebih khusus mengenai destinasi dan  promosi. Kedua, auditor akan mengecek peran serta masyarakat, khususnya lingkar destinasi.

‘’Ketiga, kita melihat apakah ini masuk PAD? Jika PAD baik, maka seharusnya masyarakat sejahtera,’’ kata Hery Purwanto saat berkunjung ke Redaksi Harian Suara NTB, Jumat, 8 November 2019.

Baca juga:  Kewenangan Bertambah, Inspektorat Berwenang Audit Penyimpangan

Pihaknya akan mencermati secara khusus pemasukan daerah dari PAD pada sektor pariwisata. Baik melalui karcis masuk, akomondasi dan transportasi di destinasi wisata.

Diakuinya, audit belum mengarah ke tindak lanjut atas temuan atau karena ada temuan awal. Tapi audit ini merupakan pendahuluan yang membutuhkan observasi awal sebelum menukik lebih detail pada sumber pemasukan PAD.

‘’Ini baru pendahuluan. Setelah mendapat gambaran umum, baru kita detailkan,’’ ujar Hery.

Sasaran audit akan diawali di Lombok Utara, dengan beberapa pertimbangan.  Daerah ini terdampak paling parah gempa sehingga akan dicek seberapa implikasinya pada sektor pariwisata. Pertimbangan lain, karena Lombok Utara dianggap paling maju menggarap sektor pariwisata dan memiliki destinasi yang mendunia, seperti tiga gili yaitu Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno.

Baca juga:  Pemprov NTB Siap Tindaklanjuti Rekomendasi BPK Soal Program Wajar 12 Tahun

BPK melihat pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan Pemprov NTB sesuai yang tertuang dalam visi misi NTB Gemilang. Saatnya pihaknya turut memberikan atensi, karena bagaimana pun juga kuat hubungannya dengan kesejahteraan masyarakat jika sektor pariwisata dikelola dengan baik.

Dalam kunjungannya ke Redaksi Harian Suara NTB,  Kepala BPK yang didampingi pejabat teras BPK Perwakilan NTB, diterima Penanggung Jawab Suara NTB yang juga Direktur Radio Global FM Lombok, H.Agus Talino.  (ars)