Menpora Dukung The Mandalika Gelar MotoGP

Zainudin Amali (ant/bali post)

Praya (Suara NTB) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menegaskan mendukung kawasan The Mandalika sebagai tuan rumah penyelenggaraan event balap dunia MotoGP mulai tahun 2021 mendatang. Dengan catatan semua persiapan yang dibutuhkan harus bisa dituntaskan tepat waktu sesuai rencana yang sudah disusun.

Dukungan tersebut disampaikan Menpora saat menerima kunjungan Direktur Utama (Dirut) PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer beserta jajaran, Selasa, 5 November 2019.

Seperti yang disampaikan VP Corporate Secretary ITDC, Miranti Nasti Rendranti, saat dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 6 November 2019, pihaknya sudah berkunjung ke Kantor Kemenpora. Selain untuk memberikan pemaparaan soal persiapan gelaran MotoGP di kawasan The Mandalika Kuta, sekaligus meminta dukungan Kemenpora. Supaya event akbar tersebut bisa terlaksana dengan baik.

Baca juga:  Astra Motor Mulai Promosikan MotoGP di Bandara

‘’Pak Menpora juga akan turun tangan untuk memastikan bahwa MotoGP akan terselenggara di Indonesia dengan baik,’’ terangnya.

Pada kesempatan tersebut, tambah Miranti, Menpora meminta ITDC agar bisa memberikan informasi secara berkala terkait

persiapan gelaran MotoGP. Dan, segera melapor jika memang ITDC tidak sanggup atau mengalami kendala. Karena gelaran MotoGP tersebut menyangkut nama baik Indonesia.

ITDC sendiri lanjut Miranti, telah menandatangani Promoter’s Agreement dengan Dorna selaku pemegang lisensi penyelenggaraan MotoGP. Dimana kawasan The Mandalika akan menggelar balap MotoGP serta Super Bike (SBK) selama lima tahun. Terhitung mulai tahun 2021 mendatang. “Jadi ada dua event balapan utama yang akan digelar, MotoGP serta SBK,” tegasnya.

Baca juga:  Bupati Loteng : Tuan Rumah MotoGP Tak Bisa Dipindah

Sirkuit MotoGP di kawasan The Mandalika nantinya bakal menjadi sirkuit jalan raya pertama di dunia untuk gelaran MotoGP. Sekaligus bakal menjadi sirkuit terindah didunia karena terletak di tengah-tengah kawasan pariwisata.

Saat ini, pembangunan sirkuit sudah dimulai dengan penggalian lahan sejak bulan September 2019 kemarin. Dengan konstruksi aspal akan dimulai awal Januari 2020 dan ditargetkan rampung akhir Januari 2020. Sehingga dipakai untuk tes pra-musim 2021 pada Februari atau Maret 2021.

Adapun untuk jadwal pelaksanaan balap MotoGP 2021 di kawasan The Mandalika nanti akan dilakukan oleh Dorna pada Agustus 2020 mendatang. (kir)