Tak Lolos Seleksi Administrasi, Pelamar CPNS Diperbolehkan Ajukan Protes

Yus Harudian Putra (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Dalam rekrutmen CPNS 2019, pelamar diperbolehkan mengajukan protes atau sanggahan jika tak lolos seleksi administrasi. Hal ini merupakan ketentuan baru pada rekrutmen CPNS 2019.

‘’Ini berlaku untuk semua instansi yang membuka seleksi penerimaan CPNS. Memang ada yang baru dalam rekrutmen CPNS 2019 ini. Salah satunya adanya kesempatan bagi pelamar untuk sanggah bagi pelamar yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi,’’ kata Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Yus Harudian Putra, S. STP dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 5 November 2019 siang.

Yus menjelaskan, pelamar yang tidak puas karena dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi diberikan kesempatan melakukan sanggah selama tiga hari. Kemudian, Panselnas diberikan waktu 7 hari untuk mengecek sanggahan dari pelamar.

Baca juga:  Jika Tak Ada Klarifikasi, Peserta UKG Non ASN Diajukan ke Gubernur

Tentunya, kata Yus, sanggahan ang diajukan pelamar yang tidak lolos seleksi administrasi tersebut harus disertai bukti-bukti yang valid. Setelah 7 hari, maka Panselnas akan mengumumkan sanggahan pelamar yang diterima.

‘’Mengenai mekanisme teknisnya soal penginputan sanggahan, nanti menjadi satu dalam juklak dan juknis. Yang jelas ini menunjukkan rekrutmen CPNS mengedepankan prinsip transparansi. Bahwa setiap tahapan bisa dipertanggungjawabkan hasilnya,’’ ujarnya.

Untuk mencegah adanya kesalahan yang berakibat terhadap tidak lolos dalam seleksi administrasi. Pihaknya meminta agar calon pelamar membaca dengan cermat persyaratan umum dan persyaratan khusus dalam rekrutmen CPNS 2019.

Pelamar harus hati-hati ketika upload dokumen ketika mendaftar secara online. “Pastikan baca secara hati-hati persyaratan umum dan khusus, kaitan dengan jabatan yang dilamar. NIK, KTP harus benar-benar sesuai. Baca dengan cermat persaratan ketika tiba saatnya kita umumkan serentak pendaftaran CPNS 2019,” sarannya.

Baca juga:  Tak Ikut SKD, Pelamar P1/TL Wajib Cetak Kartu Ujian CPNS

Pendaftaran CPNS 2019 direncanakan secara serentak akan dibuka 11 November mendatang. Pemprov NTB dan 10 Pemda Kabupaten/kota akan membuka lowongan 3.204 formasi CPNS 2019. Terdiri dari tenaga pendidikan 1.797 formasi, tenaga kesehatan 904 formasi dan tenaga teknis 503 formasi.

Untuk Pemprov NTB, akan membuka 414 formasi, Kota Mataram 275 formasi, Lombok Barat 205 formasi, Lombok Tengah 479 formasi. Selanjutnya, Lombok Timur 482 formasi, Lombok Utara 237 formasi, Sumbawa Barat 105 formasi, Sumbawa 342 formasi, Dompu 249 formasi, Bima 241 formasi dan Kota Bima 175 formasi. (nas)