Serentak, Pendaftaran Penerimaan CPNS 2019 di NTB

Sekretaris BKD NTB, Yus Harudian Putra (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah mengumumkan rekrutmen CPNS 2019, baik instansi pusat dan pemerintah daerah, Senin, 28 Oktober 2019. Pemprov NTB dan 10 Pemda Kabupaten/Kota akan menerima pendaftaran secara serentak pada 11 November mendatang.

‘’Pendaftaran serentak, direncanakan 11 November mulai pembukaan pendaftaran,’’ kata Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Yus Harudian Putra, S.STP dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 29 Oktober 2019.

Meskipun pengumuman rekrutmen CPNS 2019 sudah dilakukan. Tetapi, Pemprov dan Pemda Kabupaten/Kota di NTB masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis) terkait rekrutmen CPNS 2019. Dalam Juklak dan Juknis itulah akan lebih jelas persyaratan-persyaratan teknis pendaftaran dan tahapan-tahapannya. ‘’Mudah-mudahan secepatnya ada Peraturan Menteri PANRB tentang Juklak dan Juknis itu,’’ harapnya.

Baca juga:  BKN Bikin Simulasi Seleksi CPNS, Bagaimana Hasilnya?

Selama dua minggu ke depan, para calon pelamar yang ada di NTB diharapkan mempersiapkan persyaratan-persyaratan umum yang dibutuhkan ketika mendaftar nanti. Sedangkan untuk persyaratan teknis, masih menunggu Juklak dan Juknis.

Terkait pelaksanaan rekrutmen CPNS 2019, Yus mengatakan Pemda sudah siap. Ia menjelaskan sudah ada pembagian tugas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Di mana pemerintah daerah diminta menyiapkan sarana dan prasarana, termasuk petugas yang akan memverifikasi berkas pendaftaran.

‘’Dari sisi kesiapan di daerah sudah siap. Kita sudah mengusulkan 10 titik lokasi ke BKN. Setiap lokasi standarnya 110 komputer  untuk CAT,’’ katanya.

Yus juga meminta calon pelamar agar mewaspadai oknum-oknum yang menjadi calo CPNS. Ia berharap, masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan ulah oknum yang mengatasnamakan panitia pusat dan panitia daerah yang dapat meloloskan seseorang menjadi PNS.

Baca juga:  7.706 Pelamar CPNS Pemprov NTB Berhak Ikut SKD

‘’Kalau mau bertanya silakan datang ke BKD dan BKPSDM kabupaten/kota dan melihat website resminya. Jangan percaya dengan oknum-oknum yang mengatasnamakan panitia pusat dan panitia daerah. Seluruh tahapan akan diumumkan secara terbuka dan dilaksanakan secara serentak,’’ tandasnya.

Kemenpan RB telah mengalokasikan 3.204 formasi CPNS 2019 untuk Pemprov NTB dan 10 Pemda kabupaten/kota. Khusus untuk Pemprov NTB mendapatkan 414 formasi. Sebanyak 414 formasi CPNS  yang diperoleh Pemprov NTB tersebut terdiri dari tenaga pendidikan 234 formasi, tenaga kesehatan 101 formasi dan tenaga teknis 79 formasi. (nas)