Satu Data Membangun NTB

Hj. Sitti Rohmi Djalilah (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Wakil Gubernur (Wagub) NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengatakan, data sangat dibutuhkan dalam membangun bangsa. ‘’Kami sejak awal sangat konsen dengan data, karena kami paham betul, dengan data, program-program kami akan tepat sasaran dan efisien,’’ ungkap Wagub dalam Rapat Koordinasi (Rakor) yang diselenggarakan Badan Pusat Statistik (BPS) NTB di Mataram, Senin, 28 Oktober 2019.

Menurutnya, peran BPS di NTB sangat strategis. Karena dengan data, kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah membuahkan hasil, misalnya Indeks Pembangunan Kebudayaan NTB menduduki posisi ke-5 di Indonesia.

Baca juga:  DPMPD Dukcapil NTB Gelar Bimtek Dorong Terwujudnya Akses Pemanfaatan Data

‘’Posisi ke-5 ini, tentunya ini adalah berkat usaha yang luar biasa BPS 10 kabupaten/kota, BPS Provinsi NTB, dinas-dinas terkait, pemerintah kabupaten/ kota dan provinsi juga. Tentunya kerja dari masyarakat, karena sumber data ini datangnya dari masyarakat,’’ ungkap Wagub.

Pemprov optimis dengan kemajuan Provinsi NTB. Dengan menaruh perhatian lebih terhadap data, maka akan mudah menentukan langkah ke depan. Wagub berharap, agar Satu Data NTB semakin baik serta kerja sama dengan BPS dengan Pemprov NTB semakin harmonis.

‘’Semakin baik lagi dengan BPS, sehingga harapannya, kita berjalan di jalan yang terang sehingga tujuan kita itu jelas. Bagaimana cara mencapai tujuan tersebut, kekuatan seperti apa yang kita berdayakan untuk bisa mencapai tujuan tersebut,’’ katanya.

Baca juga:  Pemprov NTB Validasi Ulang BDT Kemiskinan

Ia memandang bahwa data sebagai satu hal yang vital,  yang tidak bisa dilepaskan dari eksekusi segala program yang ada di NTB.

‘’Harapannya 10 kabupaten/kota juga demikian, memandang  data ini juga sebagai suatu hal yang penting. Karena kalau kita berangkat dari data, mungkin akan jauh banyak penghematan yang kita lakukan dan efektivitas akan jauh lebih baik,’’ ujar Wagub. (r)