Tetap Harus Ikut SKD, Pelamar Lulus ‘’Passing Grade’’ Rekrutmen CPNS 2018

Para peserta CPNS Kota Mataram tengah mengejakan soal SKD di Grand Imperial Ballroom Kota Mataram. (Suara NTB/lin)

Mataram (Suara NTB) – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB memastikan pelamar yang lulus passing grade dalam rekrutmen CPNS 2018 lalu, tetap harus ikut Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada rekrutmen CPNS 2019. Nantinya, Panitia Seleksi Pengadaan CPNS 2019 akan mengambil nilai tertinggi hasil SKD dari pelamar.

‘’Kaitan dengan P1 kemarin, yang lulus PG (passing grade) tahun 2018. Aturannya, dia harus ikut SKD. Nanti dipilih, mana hasil SKD  yang terbaik,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si dikonfirmasi di Mataram, kemarin.

Pelamar yang lulus passing grade dalam rekrutmen CPNS 2018, otomatis akan ikut ke tahapan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Sepanjang, formasi CPNS tahun lalu, ada pada rekrutmen CPNS 2019.

Fathurrahman menjelaskan, apabila dalam tes SKD 2019, pelamar yang lulus passing grade tahun lalu, tidak lulus passing grade. Maka nilai SKD pada rekrutmen CPNS 2018 akan tetap diakui. ‘’Tetapi kalau dia tinggi hasil SKD (rekrutmen CPNS) 2019, yang diambil hasil SKD yang tertinggi 2019,’’ jelasnya.

Tahun lalu, untuk Pemprov NTB, ada 29 peserta CPNS 2018 yang lulus passing grade tetapi tidak lulus CPNS karena kuota terbatas. Tersebar untuk sejumlah formasi seperti guru matematika, guru fisika, guru kimia, perawat, apoteker, nutrisionis, pranata laboratorium kesehatan, guru teknik instalasi tenaga listrik, ragiografer, asisten apoteker dan bidan.

Untuk lokasi pelaksanaan tes CPNS 2019, NTB mengajukan 10 lokasi ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). 10 lokasi tes tersebut telah disepakati dalam rapat koordinasi final yang dilaksanakan Selasa, 22 Oktober 2019 di Kantor BKD NTB.

Fathurrahman menjelaskan, hanya  Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang gabung lokasinya dengan Pemprov NTB. Untuk Pemprov NTB dan KLU lokasinya di Kantor BKD NTB atau Graha Bhakti Praja Kantor Gubernur. Lombok Barat lokasinya di Aula Kantor Bupati Lombok Barat.

Kemudian Lombok Tengah, lokasinya di SMKN 1 Praya Tengah. Kota Mataram lokasinya di SMKN 3 Mataram, Lombok Timur lokasinya di Kantor BKPSDM Lotim, Kabupaten Bima, lokasinya di Aula Gedung Vokasi Unram Kabupaten Bima. Selanjutnya, Dompu lokasinya di SMKN 1 Dompu, Kota Bima lokasinya di SMKN 1 Kota Bima, Sumbawa Barat lokasinya di Kantor BKPSDM KSB dan Kabupaten Sumbawa lokasi tesnya berada di SMKN 3 Sumbawa.

Sesuai hasil rakor yang dilakukan, BKN hanya akan menyiapkan personel dan server. Sedangkan sarana dan prasarana seperti komputer, gedung dan genset disiapkan oleh masing-masing Pemda. Setiap lokasi tes CPNS minimal terdapat 110 unit komputer. (nas)