Seleksi CPNS Dibuka Awal November, Pemprov NTB Peroleh Kuota 414 Formasi

Fathurrahman (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) telah menyampaikan formasi CPNS 2019  untuk Pemda provinsi dan kabupaten/kota. Dalam rekrutmen CPNS 2019, Pemprov NTB memperoleh kuota sebanyak 414 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si menyebutkan dari 500 formasi yang diusulkan Pemprov NTB ke Kemenpan RB, Pemprov diberikan kuota sebanyak 414 formasi. ‘’Jumlah alokasi formasi seluruhnya 414 formasi,’’ sebut Fathurrahman dikonfirmasi Jumat, 18 Oktober 2019 siang.

Sebanyak 414 formasi CPNS  yang diperoleh Pemprov NTB tersebut terdiri dari tenaga pendidikan 234 formasi, tenaga kesehatan 101 formasi dan tenaga teknis 79 formasi. Ditanya total formasi yang diperoleh NTB, baik provinsi dan kabupaten/kota, Fathurrahman mengatakan pihaknya masih meminta datanya ke masing-masing Pemda. Karena kuota formasi tersebut dibagikan per kabupaten/kota.

Setelah pemberian kuota formasi untuk masing-masing Pemda, Fathurrahman mengatakan pembukaan rekrutmen CPNS 2019 masih menunggu arahan dari pemerintah pusat. Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) yang diadakan di Jakarta, Kamis (17/10) lalu belum memutuskan tanggal pasti pembukaan pendaftaran CPNS 2019.

Baca juga:  Masyarakat Diingatkan Jangan Percaya Calo

‘’Insya Allah minggu pertama November pendaftaran sudah dibuka,’’ katanya.

Sebelumnya, Pemprov NTB telah mengusulkan 500 formasi CPNS 2019 ke  Kemenpan RB. Rincian formasi CPNS 2019 yang diusulkan terdiri dari formasi tenaga guru dan kesehatan diajukan sebanyak 450 formasi. Dan jabatan fungsional tertentu sebanyak 50 formasi.

Khusus untuk formasi tenaga guru diusulkan sebanyak 225

formasi. Dengan rincian, guru SMA 76 formasi, guru SMK 113 formasi dan guru SLB 36 formasi. Sedangkan untuk tenaga kesehatan juga diusulkan 225 formasi.

Dengan rincian, tenaga kesehatan ahli 121 formasi dan tenaga kesehatan terampil 104 formasi.  Sementara itu, 50 formasi jabatan fungsional tertentu lainnya diusulkan terdiri dari jabatan fungsional tertentu ahli 35 formasi. Dan jabatan fungsional tertentu terampil 15 formasi.

Terkait dengan pelaksanaan rekrutmen CPNS 2019, BKD NTB dan BKPSDM kabupaten/kota sudah melaksanakan Rakor pekan lalu di Mataram. Dalam pertemuan tersebut telah disepakati 10 lokasi tes CPNS 2019 yang tersebar di 10 kabupaten/kota. Untuk Pemprov NTB dan Kabupaten Lombok Utara (KLU), pelaksanaan tes akan dilakukan di BKD NTB. Sedangkan Pemda kabupaten/kota berada di wilayah masing-masing.

Baca juga:  Kejaksaan Buka Lowongan 5.203 CPNS dan Jaksa

Sesuai hasil Rakor,  BKN hanya akan menyiapkan personel dan server. Sedangkan sarana dan prasarana seperti komputer, gedung dan genset disiapkan oleh masing-masing Pemda.

Kemen PANRB telah menyusun jadwal pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS formasi Tahun 2019. Hal tersebut sesuai surat Kemen PANRB dengan nomor B/1007/S.SM.01.00/2019 tertanggal 1 Oktober 2019. Untuk pengumuman rekrutmen CPNS akan dilakukan akhir Oktober sampai awal November. Kemudian jadwal pendaftaran pada November. Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan Desember 2019.

Selanjutnya pada Januari 2020, diberikan waktu untuk masa sanggah dan pengumuman jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pelaksanaan tes SKD dijadwalkan pada Februari 2020. Pengumuman hasil SKD dan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dijadwalkan pada Maret. Terakhir, integrasi nilai SKD dan SKD serta penetapan NIP dan pengangkatan sebagai CPNS dijadwalkan pada bulan April. (nas)