Siapa Sekda NTB Pilihan Gubernur?

Zulkieflimansyah (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc, akan segera menerima hasil seleksi terbuka Sekda NTB dari Pansel dalam beberapa hari ke depan. Gubernur mengatakan, sosok Sekda akan dipilih adalah orang mampu bekerja secara maksimal.

‘’Pokoknya, Sekda itu (tugasnya) membantu gubernur. Untuk waktu ini, saya tahu betul siapa yang bisa bantu saya maksimal. Kira-kira begitu,’’ kata gubernur dikonfirmasi di Pendopo Timur, Selasa, 15 Oktober 2019 siang.

Ditanya siapa calon Sekda yang paling menonjol dari lima orang yang saat ini sedang mengikuti seleksi, gubernur mengatakan semuanya sama-sama menonjol.

“Mungkin besok malam, Pansel akan lapor ke saya. Tapi kelihatan seru (seleksi Sekda). Dan saya lihat, mereka yang terbaik. Dan saya tak akan punya kesulitan memperoleh Sekda yang bagus,” ucap orang nomor satu di NTB ini.

Gubernur menegaskan, ia akan melihat hasil Pansel dalam memilih Sekda NTB ke depan. Ia juga mengatakan Pansel sudah bekerja dengan fair. ‘’Nanti kita lihat hasilnya seperti apa. Saya tunggu laporannya dulu besok malam,’’ ujarnya.

Baca juga:  Seleksi Tuntas, Nasib Sekda Definitif di Tangan TPA Kemendagri

Ditanya kriteria calon Sekda yang diinginkan, gubernur mengatakan tidak ada kriteria khusus. Karena lima orang calon Sekda NTB yang sedang ikut seleksi saat ini, semuanya bagus. Dan mereka sudah bekerja membantu gubernur melaksanakan

tugas selama ini.

“Jadi, nanti gubernur punya diskresi untuk memilih. Bukan berarti yang tidak terpilih kurang baik. Mungkin durasi untuk waktu sekarang ada orang yang lebih pas. Mungkin di waktu yang lain akan ada figur yang pas, kita gak tahu,” tandasnya.

Diketahui, saat ini tahapan seleksi Sekda NTB sudah memasuki penyusunan makalah pada Selasa, 15 Oktober 2019 di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) NTB. Selanjutnya, pada 16-17 Oktober, ke lima calon Sekda akan mempresentasikan makalah yang telah dibuat, termasuk juga tes wawancara.

Baca juga:  Gubernur Minta Seleksi Sekda Jangan Dipandang Seperti Pilkada

Pada tahap ini, masing-masing calon Sekda akan menyampaikan ide dan gagasannya sebagai calon Sekda NTB. Sementara untuk penelusuran rekam jejak masing-masing calon Sekda dilakukan sejak 8 – 17 Oktober. Pansel membuka ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan masukan soal sepak terjang masing-masing calon Sekda.

Sebanyak lima pejabat Pemprov yang sedang ikut proses seleksi calon Sekda saat ini adalah Asisten I Setda NTB, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, M. Si, Kepala Distanbun NTB, Ir. H. Husnul Fauzi, M. Si, Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M. Si, Kepala DPMPTSP NTB, Drs. H. L. Gita Ariadi, M. Si dan Asisten II Setda NTB, Ir. H. Ridwan Syah, MM, M.TP. (nas)