Pekan Ini, Pansel Tentukan Tiga Besar Calon Sekda NTB

Fathurrahman (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Pemprov akan segera menyelesaikan tugasnya melakukan seleksi terbuka Sekda NTB. Pekan ini, Pansel sudah mendapatkan tiga besar nama calon Sekda NTB.

Selanjutnya, pada 19 Oktober, Pansel akan menyerahkan tiga besar nama calon Sekda NTB ke Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam hal ini Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc. Kemudian gubernur akan mengirim tiga nama tersebut ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk ditetapkan salah satu menjadi Sekda NTB definitif.

‘’Tahapan setelah Pansel melaporkan hasil Pansel kepada gubernur. Akan disampaikan ke KASN dan ke Mendagri,’’ kata Kepala BKD NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 13 Oktober 2019 kemarin.

Berdasarkan jadwal seleksi yang telah disusun oleh Pansel JPT Madya Pemprov NTB. Lima calon Sekda akan menyusun makalah pada 15 Oktober, besok.  Setelah itu, masing-masing calon Sekda akan mempresentasikan makalah yang telah dibuat  dan tes wawancara pada 16-17 Oktober.

Baca juga:  Pemkot Mutasi 82 Pejabat

Pada tahap ini, masing-masing calon Sekda akan menyampaikan ide dan gagasannya sebagai calon Sekda NTB. Untuk penelusuran rekam jejak masing-masing calon Sekda dilakukan sejak 8 – 17 Oktober mendatang. Pansel membuka ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan masukan soal sepak

terjang masing-masing calon Sekda.

Terkait dengan masukan dari masarakat ini, Fathurrahman mengaku belum ada masukan yang masuk ke BKD. ‘’Belum ada masukan resmi ke BKD,’’ tuturnya.

Setelah presentasi makalah dan tes wawancara, selanjutnya penetapan hasil seleksi akan dilakukan Pansel pada 18 Oktober. Setelah itu, pada 19 Oktober, Pansel akan menyampaikan laporan hasil seleksi tiga besar calon Sekda NTB kepada Gubernur.

Diketahui, lima pejabat Pemprov yang sedang ikut proses seleksi calon Sekda saat ini adalah Asisten I Setda NTB, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, M. Si, Kepala Distanbun NTB, Ir. H. Husnul Fauzi, M. Si, Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M. Si, Kepala DPMPTSP NTB, Drs. H. L. Gita Ariadi, M. Si dan Asisten II Setda NTB, Ir. H. Ridwan Syah, MM, M.TP.

Baca juga:  Gubernur Minta Seleksi Sekda Jangan Dipandang Seperti Pilkada

Ke lima calon Sekda NTB telah mengikuti tahapan seleksi seperti tes kesehatan, kejiwaan dan bebas narkoba di RSUD NTB, Rabu (9/10) lalu.  Pansel melibatkan delapan orang dokter untuk melakukan tes kesehatan, kejiwaan dan bebas narkoba  kepada lima calon Sekda NTB di RSUD NTB.

Setelah itu, pada Kamis (10/10), sejak pagi sampai malam, kelima calon Sekda NTB mengikuti tes uji kompetensi manajerial/psikologi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) NTB. (nas)