Website BKD Dipalsukan, Calo Gentayangan Jelang Rekrutmen CPNS

Yus Harudian Putra (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Masyarakat NTB diminta waspada terhadap informasi yang tidak benar menjelang rekrutmen CPNS 2019. Para calo mulai gentayangan menjelang penerimaan CPNS dengan memalsukan website Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB.

Sekretaris BKD NTB, Yus Harudian Putra, S. STP mengatakan, pekan kemarin oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menyampaikan informasi palsu tentang pembaharuan validasi data hasil seleksi CPNS jalur khusus yang dinyatakan lulus tahun anggaran 2019 lewat website bkdntb.blogspot.com. Yus mengatakan, website resmi BKD NTB adalah bkd.ntbprov.go.id.

‘’Sudah kita umumkan, masyarakat jangan pernah terpengaruh. Kalau masyarakat mau bertanya tentang CPNS silakan ke BKD provinsi maupun BKD kabupaten/kota,’’ kata Yus dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 13 Oktober 2019 kemarin.

Menjelang penerimaan CPNS, kata Yus bahwa memang sering muncul calo. Ia mencontohkan seperti penerimaan CPNS 2018 dan penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) beberapa waktu lalu.

Ia meminta masyarakat agar melihat informasi mengenai pengumuman CPNS lewat website resmi BKD provinsi dan kabupaten/kota. ‘’Kemarin ada kita temukan website yang memakai blogspot. Itu dia buat mirip-mirip website BKD Provinsi,’’ ungkapnya.

Yus mengatakan, pihaknya sedang melacak orang yang membuat website palsu tersebut. Ia kembali mengingatkan masyarakat agar jangan percaya informasi soal kepegawaian selain dari website resmi BKD NTB dan BKD kabupaten/kota.

BKD provinsi dan BKD kabupaten/kota akan tetap mempublikasikan setiap tahapan dan perkembangan soal penerimaan CPNS 2019.  Diharapkan, kuota CPNS 2019 segera keluar. Sehingga ada kepastian formasi CPNS masing-masing daerah. Informasi dari BKN, formasi CPNS 2019 akan keluar akhir Oktober ini.

Baca juga:  Kejaksaan Buka Lowongan 5.203 CPNS dan Jaksa

Sambil menunggu pengumuman rekrutmen CPNS 2019, pihaknya meminta agar masyarakat atau pelamar menyiapkan persyaratan administrasi mulai dari sekarang. Sehingga begitu rekrutmen CPNS dibuka, masyarakat tinggal mendaftar atau melengkapi persaratan yang belum lengkap.

Misalnya, untuk tenaga guru, perlu menyiapkan persyaratan seperti sertifikat pendidik. Kemudian untuk tenaga kesehatan, perlu menyiapkan Surat Tanda Registrasi (STR).

‘’Persyaratan  administrasi  relatif sama dengan sebelumnya. Silakan pantau lewat website resmi BKN, BKD provinsi dan kabupaten/kota. Mudah-mudahan

formasinya  bulan ini kepastiannya, termasuk juklak dan juknisnya,” katanya.

Pemprov NTB dan Pemda Kabupaten/kota telah menyepakati penetapan 10 lokasi pelaksanaan tes CPNS 2019. Sementara itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) akan memberikan kuota formasi CPNS 2019 untuk masing-masing Pemda, baik provinsi dan kabupaten/kota dalam waktu dekat ini.

Pemprov NTB sendiri mengusulkan formasi CPNS 2019 sebanyak 500 formasi. Untuk formasi tenaga guru dan kesehatan diajukan sebanyak 450 formasi. Dan jabatan fungsional tertentu sebanyak 50 formasi.

Khusus untuk formasi tenaga guru diusulkan sebanyak 225 formasi. Dengan rincian, guru SMA 76 formasi, guru SMK 113 formasi dan guru SLB 36 formasi. Sedangkan untuk tenaga kesehatan juga diusulkan 225 formasi.

Baca juga:  Ini, Rincian 414 Formasi CPNS 2019 Pemprov NTB

Dengan rincian, tenaga kesehatan ahli 121 formasi dan tenaga kesehatan terampil 104 formasi.  Sementara itu, 50 formasi jabatan fungsional tertentu lainnya diusulkan terdiri dari jabatan fungsional tertentu ahli 35 formasi. Dan jabatan fungsional tertentu terampil 15 formasi.

Disebutkan, 10 lokasi tes CPNS tersebar di 10 kabupaten/kota. Untuk Pemprov NTB dan Kabupaten Lombok Utara (KLU), pelaksanaan tes akan dilakukan di BKD NTB. Sedangkan Pemda kabupaten/kota berada di wilayah masing-masing.

Sesuai hasil rakor yang dilakukan pekan kemarin,  BKN hanya akan menyiapkan personel dan server. Sedangkan sarana dan prasarana seperti komputer, gedung dan genset disiapkan oleh masing-masing Pemda.

Kemen PANRB telah menyusun jadwal pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS formasi Tahun 2019. Hal tersebut sesuai surat Kemen PANRB dengan nomor B/1007/S.SM.01.00/2019 tertanggal 1 Oktober 2019.

Untuk pengumuman rekrutmen CPNS akan dilakukan Oktober sampai awal November. Kemudian jadwal pendaftaran pada November. Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan Desember 2019.

Selanjutnya pada Januari 2020, diberikan waktu untuk masa sanggah dan pengumuman jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pelaksanaan tes SKD dijadwalkan pada Februari 2020. Pengumuman hasil SKD dan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dijadwalkan pada Maret. Terakhir, integrasi nilai SKD dan SKD serta penetapan NIP dan pengangkatan sebagai CPNS dijadwalkan pada bulan April. (nas)