Siapkan 10 Lokasi Tes, Formasi CPNS 2019 untuk NTB Segera Keluar

Tes CPNS Pemprov NTB tahun 2018. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB dan Pemda Kabupaten/kota telah menyepakati penetapan 10 lokasi pelaksanaan tes CPNS 2019. Sementara itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) akan memberikan kuota formasi CPNS 2019 untuk masing-masing Pemda, baik provinsi dan kabupaten/kota pekan depan.

‘’Untuk kuota CPNS (masing-masing Pemda), akan ada rapat koordinasi nasional di Jakarta, seminggu ke depan. Seminggu ke depan sudah ada kuota masing-masing Pemda,’’ kata Kepala BKD NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si dikonfirmasi di Mataram, Kamis, 10 Oktober 2019.

Informasi mengenai keluarnya kuota CPNS untuk masing-masing Pemda itu diperoleh dari Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, saat rapat koordinasi BKD NTB dan BKDPSDM Kabupaten/Kota di Mataram, Kamis, 10 Oktober 2019 kemarin. Biasanya, masing-masing Pemda akan dipanggil oleh Kemen PANRB.

‘’Kita akan dipanggil masing-masing Pemda berkaitan dengan kuota itu oleh Kemen PANRB,’’ jelasnya.

Fathurrahman menyebutkan, usulan formasi CPNS Pemprov NTB 2019 sebanyak 500 formasi. Untuk formasi tenaga guru dan kesehatan diajukan sebanyak 450 formasi. Dan jabatan fungsional tertentu sebanyak 50 formasi.

Baca juga:  Seleksi CPNS 2019: Badan Kepegawaian Negara Ungkap Trik Rahasia agar Lulus

Khusus untuk formasi tenaga guru diusulkan sebanyak 225 formasi. Dengan rincian, guru SMA 76 formasi, guru SMK 113 formasi dan guru SLB 36 formasi. Sedangkan untuk tenaga kesehatan juga diusulkan 225 formasi.

Dengan rincian, tenaga kesehatan ahli 121 formasi dan tenaga kesehatan terampil 104 formasi.  Sementara itu, 50 formasi jabatan fungsional tertentu lainnya diusulkan

terdiri dari jabatan fungsional tertentu ahli 35 formasi. Dan jabatan fungsional tertentu terampil 15 formasi.

‘’Tetap mengacu 500 formasi yang kita usulkan. Kita sudah menyesuaikan kemampuan keuangan daerah,’’ terangnya.

Disebutkan, 10 lokasi tes CPNS tersebar di 10 kabupaten/kota. Untuk Pemprov NTB dan Kabupaten Lombok Utara (KLU), pelaksanaan tes akan dilakukan di BKD NTB. Sedangkan Pemda kabupaten/kota berada di wilayah masing-masing.

Sesuai hasil Rakor yang dilakukan, BKN hanya akan menyiapkan personel dan server. Sedangkan sarana dan prasarana seperti komputer, gedung dan genset disiapkan oleh masing-masing Pemda.

Baca juga:  Kejaksaan Buka Lowongan 5.203 CPNS dan Jaksa

‘’Kita menyepakati titik lokasi rekrutmen. Kita mengusulkan 10 titik lokasi tes CPNS 2019. Provinsi dan KLU satu lokasi, kabupaten/kota di lokasi masing-masing. Dengan mencari lokasi yang representatif di SMK masing-masing di kabupaten/kota. Dengan standar paling tidak 110 unit komputer per lokasi,’’ terangnya.

Kemen PANRB telah menyusun jadwal pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS formasi Tahun 2019. Hal tersebut sesuai surat Kemen PANRB tersebut dengan nomor B/1007/S.SM.01.00/2019 tertanggal 1 Oktober 2019.

Secara rinci dijelaskan, untuk pengumuman rekrutmen CPNS akan dilakukan Oktober sampai awal November. Kemudian jadwal pendaftaran, pada November. Pengumuman hasil seleksi akan dilakukan Desember 2019.

Selanjutnya pada Januari 2020, diberikan waktu untuk masa sanggah dan pengumuman jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pelaksanaan tes SKD dijadwalkan pada Februari 2020. Pengumuman hasil SKD dan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dijadwalkan pada Maret. Terakhir, integrasi nilai SKD dan SKD serta penetapan NIP dan pengangkatan sebagai CPNS dijadwalkan pada bulan April. (nas)