Lima Calon Sekda Jalani Tes Kesehatan, Kejiwaan dan Bebas Narkoba

Lima calon Sekda NTB ketika menjalani tes kesehatan, kejiwaan dan bebas narkoba di RSUD Provinsi NTB, Rabu, 9 Oktober 2019 kemarin. Dari kiri ke kanan, H. Ridwan Syah, H.Iswandi, Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, H. L. Gita Ariadi dan H. Husnul Fauzi.  (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pansel JPT Madya Pemprov NTB melibatkan delapan orang dokter untuk melakukan tes kesehatan, kejiwaan dan bebas narkoba  kepada lima calon Sekda NTB, Rabu, 9 Oktober 2019. Hasil tes tersebut rencananya akan diserahkan ke Pansel, Kamis, 10 Oktober 2019, hari ini.

Kepala Sekretariat Pansel JPT Madya Pemprov NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si mengatakan, semua calon Sekda NTB yang lulus seleksi administrasi hadir dalam tes kesehatan, kejiwaan dan bebas narkoba yang dilaksanakan di RSUD Provinsi NTB, Rabu, 9 Oktober 2019 kemarin. Pelaksanaan tes, kata Fathurrahman berjalan lancar.

‘’Ada delapan orang dokter yang  kami libatkan. Yaitu dokter umum,  spesialis jantung, penyakit dalam, mata, THT, jiwa, penunjang laboratorium  dan radiologi,’’ kata Fathurrahman.

Ia mengatakan, delapan tim dokter dipimpin Direktur RSUD NTB, dr. H. L. Hamzi Fikri, MM, MARS. Hasil tes kesehatan, kejiwaan dan bebas narkoba ini akan menjadi pertimbangan Pansel bagi calon Sekda NTB untuk tahap berikutnya.

‘’Hasil akan dilaporkan resmi langsung ke Ketua Pansel, Insya Allah besok siang (hari ini, Red),’’ jelas Kepala BKD NTB ini.

Baca juga:  Pendaftaran Calon Sekda NTB Ditutup

Sebanyak lima peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi sebagai calon Sekda NTB oleh Pansel JPT Madya Pemprov NTB. Kelimanya adalah Asisten I Setda NTB, Dra. Hj. Baiq Eva Nurcahyaningsih, M. Si, Kepala Distanbun NTB, Ir. H. Husnul Fauzi, M. Si, Kepala Bappenda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M. Si, Kepala DPMPTSP NTB, Drs. H. L. Gita Ariadi, M. Si dan Asisten II Setda NTB, Ir. H. Ridwan Syah, MM, M.TP.

Ke lima peserta yang lulus seleksi administrasi tersebut sesuai dengan hasil seleksi yang dilakukan Pansel JPT Madya. Pansel telah mengumumkan ke lima peserta yang lulus seleksi administrasi sesuai pengumuman No.821.2-1/1472/BKD/2019 tanggal 8 Oktober 2019.

Setelah menjalani tes kesehatan, kejiwaan dan bebas narkoba, selanjutnya pada Kamis dan Jumat,  10-12 Oktober, ke lima calon Sekda akan mengikuti tes uji kompetensi manajerial/psikologi di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi NTB. Sesuai jadwal yang telah disusun Pansel,  penulisan makalah pada 15 Oktober.

Presentasi dan wawancara pada 16-17 Oktober. Selain itu, penelusuran rekam jejak dilakukan sejak 8 – 17 Oktober. Dan penetapan hasil seleksi pada 18 Oktober. Selanjutnya penyampaian laporan Pansel kepada Gubernur pada 19 Oktober 2019.

Baca juga:  Pansel Tetapkan Lima Calon Sekda NTB Lulus Seleksi Administrasi

Dalam seleksi Calon Sekda NTB, Pansel telah membuat instrumen penilaian. Pertama, penilaian persyaratan administratif dengan bobot 20 persen. Pansel melihat kepangkatan pelamar calon Sekda. Jika pangkatnya pembina utama (IV/e) skornya 30, pembina utama madya (IV/d) skornya 20 dan pembina utama muda (IV/c) skornya 10.

Kemudian dalam instrumen penilaian ini juga dilihat pendidikan dan pelatihan kepemimpinan. Untuk yang sudah Diklatpim I skornya 20 persen dan Diklatpim II/Fungsional Utama skornya 15. Sementara jika dilihat pendidikan, untuk doktor skornya 20, magister 15 dan sarjana 10.

Pansel juga akan melihat riwayat jabatan calon Sekda. Apabila pernah menduduki 3 jabatan struktural eselon II maka skornya 20, jabatan fungsional tingkat utama 5-9 tahun skornya 15 dan jabatan fungsional tingkat utama 2-4 tahun, skornya 10.

Kedua, instrumen penilaiannya adalah penulisan makalah bobotnya 20 persen. Ketiga, tes kompetensi manajerial/psikologi/assessmen bobotnya 25 persen. Dan terakhir, presentasi dan wawancara bobotnya 35 persen. (nas)