TNI Jamin Kelancaran Evakuasi Warga NTB di Papua

Ahmad Rizal Ramdhani (Suara NTB/ars)

Mataram (Suara NTB) – TNI melalui Korem 162/Wira Bhakti menyampaikan jaminan kelancaran dan keamanan warga NTB yang terjebak di Wamena, Kabupaten Jawawijaya Papua. Evakuasi oleh TNI, Polri bersama unsur Pemda setempat dijamin aman dan lancar.

Jaminan itu disampaikan Danrem 162/WB Kol. CZI Ahmad Rizal Ramdhani Kamis, 3 Oktober 2019 kemarin merespon kekhawatiran soal kondisi masyarakat NTB di Wamena. Setidaknya, hasil komunikasinya dengan Gubernur NTB  serta pantauan ke unsur TNI di Papua, keamanan proses evakuasi dijamin.

“Masyarakat NTB diharapkan tidak panik dan mempercayakan kepada Pemda Papua dan pemerintah pusat dalam penanganannya,” kata Danrem.

Hasil koordinasinya dengan Korem 172/PWY dan Kodim Wamena, termasuk dengan pemerintah daerah setempat, Rabu, 2 Oktober 2019 lalu, Wamena sudah aman terkendali. Situasi itu dimanfaatkan untuk membawa keluar penduduk Wamena asal NTB yang jumlahnya mencapai 180 orang lebih.

Baca juga:  Terkait Polemik Nama Bandara, Danrem Beri Peringatan

“Hasil koordinasi kami Selasa (1/10) malam, Kabupaten Wamena sudah aman dan terkendali, di mana sudah banyak paguyuban-paguyuban masing masing daerah yang membantu di lapangan,” tegas Danrem.

Sementara di sisi lain, koordinasi yang begitu intens dan cepat antara Pemerintah Provinsi NTB, Pemda Kabupaten Bima dengan para pihak dan Kerukunan Keluarga Bima Dompu (KKBD) di Jayapura. Mereka  memastikan proses pemulangan Warga Bima dan Dompu yang dievakuasi dari Wamena Jayawijaya ke Sentani Jayapura akan dilakukan pada hari Minggu (6/10) mendatang.

Baca juga:  Mulai Luntur, Bakesbangpoldagri Bahas Penguatan Wawasan Kebangsaan

Pembahasan proses pemulangan warga ini dilakukan di tempat pengungsian sementara, yakni Asrama Yonif 751 Sentani. Setelah dievakuasi ke Jayapura menggunakan Pesawat Hercules milik TNI AU, akan dilanjutkan evakuasi menggunakan pesawat komersil.

Menurut rencana, warga Bima dan Dompu akan diterbangkan menggunakan maskapai Lion Air JT 795 dari Bandara Sentani Jayapura menuju Makassar pada pukul 07.45 WIT. Selanjutnya  akan dipindahkan ke pesawat Wings Air IW 1769 pada pukul 12.30 WITA menuju Bima. (ars)