Rekrutmen CPNS 2019 Diumumkan Akhir Oktober

Ilustrasi PNS (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pemerintah Pusat sudah memastikan rekrutmen CPNS 2019 akan diumumkan akhir Oktober mendatang. Sementara untuk penerimaan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) dibatalkan.

‘’Untuk penerimaan CPNS sesuai Rakornas di Yogyakarta 25 September lalu, secara tahapan, akhir Oktober sudah ada pengumuman. Mungkin di awal November sudah ada seleksi penerimaan CPNS 2019,’’ kata Kepala BKD NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si dikonfirmasi di Mataram, Selasa, 1 Oktober 2019 siang.

Berdasarkan hasil keputusan dalam Rakornas di Yogyakarta, kata Fathurrahman, ada yang istimewa dalam rekrutmen CPNS kali ini. Bagi pelamar CPNS 2018 yang memenuhi passing grade, maka tidak perlu ikut Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Mereka hanya ikut Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Hal itu berlaku apabila formasinya sama dengan pada saat rekrutmen CPNS 2018. Ia menjelaskan, semua nilai SKD pada rekrutmen CPNS 2018 sudah ada di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

‘’Jadi, hasil keputusan kemarin, mereka yang lulus passing grade pada  rekrutmen CPNS 2018, otomatis akan menjadi nilainya. Dia bisa tidak ikut tes SKD. Tetapi tetap mereka harus mendaftar. Namun tidak ikut tes  SKD. Dia nanti langsung tes SKB,’’ terangnya.

Tinggal nanti, kata Fathurrahman akan dilihat kuota atau formasi yang

diperoleh Pemprov NTB. Apakah formasi CPNS 2019, ada yang sama formasinya seperti rekrutmen CPNS 2018.

Sementara itu, untuk rekrutmen P3K pada tahun 2019 dibatalkan. Pasalnya, kata Fathurrahman, rekrutmen P3K secara nasional masih perlu perbaikan termasuk sosialisasi. Karena rekrutmen P3K yang dilakukan Pemerintah Pusat masih bersifat terbatas yakni mengakomodir honorer K2.

Sementara Pemda menginginkan agar rekrutmen P3K dilakukan secara lebih luas. Karena penggajian akan dibebankan kepada Pemda. ‘’Kenapa tak diserahkan saja ke daerah untuk mencari figur atau ASN yang lebih berkualitas sesuai kemampuan dan potensi daerah,’’ katanya.

Untuk rekrutmen CPNS dan P3K 2019, sebenarnya Pemprov sudah mengusulkan 800 formasi. Dengan rincian, 500 formasi CPNS dan 300 formasi P3K. Karena tidak ada rekrutmen P3K, Pemprov berharap usulan sebanyak 500 formasi dapat diberikan Kemen PANRB tahun ini.

Sebanyak 500 formasi CPNS yang telah diusulkan sudah dilakukan penghitungan sesuai yang dipersyaratkan pemerintah pusat. Yakni, usulan tersebut disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Artinya, dengan usulan 500 formasi, besaran belanja pegawai masih berada di bawah belanja publik.

Kepada seluruh masyarakat NTB yang akan mengadu nasib menjadi PNS, Fathurrahman meminta segera mempersiapkan diri. Mereka perlu menyiapkan persyaratan-persyaratan seperti KTP dan Surat Tanda Registrasi (STR) bagi pelamar tenaga kesehatan. (nas)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.