Jadi Kado Setahun Zul-Rohmi, Ini Keistimewaan Bendungan Meninting

Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah berpose bersama Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Dr. Ir. Hari Suparyogi, M.Eng dan jajarannya saat peresmian Bendungan Meninting, Kamis, 19 September 2019. (Suara NTB/humasntb)

Giri Menang (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE,M.Sc  melakukan groundbreaking menandai dimulainya pembangunan Bendungan Meninting, di Dusun Bukit Tinggi, Desa Penimbung, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Kamis, 19 September 2019.

Groundbreaking Bendungan Meninting tersebut, merupakan kado  satu tahun Kepemimpinan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE,M.Sc dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd.

Gubernur mengungkapkan rasa bahagianya karena impian masyarakat NTB, untuk dapat menghadirkan sebuah bendungan yang dapat menyelesaikan persoalan pengairan dan ketersediaan air bersih di NTB, khususnya di Lombok Bagian selatan, dalam waktu yang tidak terlalu lama akan terwujud.

‘’Ini bukan persoalan sederhana, tapi tidak ada yang tidak bisa diselesaikan, jika ada kemauan yang kuat. Hari ini kita menjadi saksi, bahwa Bendungan Meninting akan kita lakukan groundbreaking. Mudah-mudahan dengan adanya Bendungan Meninting yang sangat istimewa ini, banyak persoalan perairan dan air bersih bisa kita atasi bahkan sampai Lombok Selatan,’’ ujarnya.

Baca juga:  Pemprov Ajak Loteng Bahas Bendungan Mujur

Gubernur menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Dr. Ir. Hari Suparyogi, M.Eng, yang mengetahui detail-detail perairan di NTB dan menyarankan daerah-daerah mana saja yang dirasa cocok untuk dibangun bendungan.

Gubernur NTB berharap, mudah-mudahan kehadiran bendungan yang istimewa dan luar biasa ini mampu menghasilkan pembangunan yang berkesinambungan dan meningkatkan standar hidup yang lebih baik bagi masyarakat NTB.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR, Dr. Ir. Hari Suprayogi, M.Eng, mengatakan bahwa NTB merupakan daerah yang memiliki bendungan paling banyak di Indonesia. Menurut data Kementerian PUPR, di NTB ada 73 bendungan kecil dan bendungan besar. Bahkan NTB menempati peringkat pertama memiliki bendungan terbanyak di Indonesia.

Baca juga:  Pemprov Ajak Loteng Bahas Bendungan Mujur

Bendungan Meninting mampu menampung debit air dengan kapasitas 8 juta kubik. Yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai air irigasi dan air baku. Selain itu, keberadaan dari bendungan ini juga akan dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata yang akan menjadi nilai tambah dalam mengangkat ekonomi maayarakat di sekitarnya.

‘’Hari ini kita berada di Bendungan Meninting, bendungan ini memiliki tampungan lebih dari 8 juta yang manfaatnya adalah untuk irigasi dan jangan lupa untuk air baku. Selain itu juga sebagai pengembangan pariwisata dan untuk mengangkat ekonomi masyarakat di wilayah bendungan,’’ ujarnya.

Ia berharap, dengan Bendungan ini, pada tahun 2022 nanti, akan menghijaukan wilayah hulu di Pulau Lombok. Untuk itu, masyarakat Lombok harus kompak membangun bendungan ini sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program Gubernur NTB, dalam membangun NTB. (nas)