Yang Perlu Anda Tahu Tentang Satu Tahun Kepemimpinan Zul-Rohmi (Bagian 1)

Pasangan Zul Rohmi

Mataram (Suara NTB) – Tanggal 19 September 2019 mendatang, genap setahun Kepemimpinan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah. Duet pemimpin NTB yang akrab disapa Zul-Rohmi ini mengawali kepemimpinannya membangun NTB dengan tugas yang berat.

Bagaimana tidak, beberapa pekan sebelum dilantik, provinsi yang dikenal dengan Bumi Seribu Masjid ini disapa oleh musibah gempa bumi yang cukup dahsyat. Tujuh kabupaten/kota di NTB pun merasakan dampak dari gempa berkekuatan 7,0 SR itu. Seperti, kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Kota Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur, Kabupaten Sumbawa Barat dan Sumbawa.

Saat itu, sebagian masyarakat merasa pesimis Paket Zul-Rohmi mampu membawa NTB ke arah yang lebih maju. Seakan NTB Gemilang itu hanya sebatas angan-angan dan tidak mampu direalisasikan.

Namun, rasa pesimis sebagian masyarakat NTB itu dijawab dengan kerja nyata oleh keduanya. Bersama Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, Bang Zul mampu melewati masa-masa sulit itu dan memberikan keyakinan bahwa NTB Gemilang dapat diwujudkan. Selama satu tahun kepemimpinannya, mereka menggagas dan melakukan banyak hal untuk meraih visi Membangun Nusa Tenggara Barat Gemilang ini. Apa saja yang dilakukannya? Berikut hal-hal yang perlu anda tahu selama satu tahun Zul-Rohmi menakhodai NTB ini.

1. Zul-Rohmi Sangat Rajin Menyapa Warganya Hingga ke Dusun-Dusun
Selama setahun ini, Gubernur Bang Zul dan Umi Rohmi telah mengunjungi dan manyapa masayarakat hingga ke dusun-dusun tidak kurang dari seribu kali. Itu dilakukan selama keduanya melakukan kunjungan kerja lebih dari dua ratus kali di sepuluh kabupaten/kota se-NTB. Dalam setiap kunjungannya ke kabupaten/kota tersebut, tidak kurang empat hingga lima desa dan dusun yang disapanya. “Kebiasaan menyapa masyarakat di des-desa, akan terus kami lakukan,” ungkap Gubernur dalam setiap kunjungan kerjanya.

2. Zul-Rohmi Sangat Sering Menyapa Tokoh Agama/Adat
Keberagaman yang ada di NTB ini membuat paket Zul-Rohmi berkayakinan bahwa membangun NTB itu membutuhkan kebersamaan. Bagi keduanya, keberagaman itu adalah kekuatan untuk membangun daerah. Maka, yang keduanya lakukan adalah menyapa seluruh eleman masyarakat di NTB. Tidak hanya untuk bertukar pikiran, namun juga untuk saling menautkan hati. Dalam satu tahun kepemimpinannya, selain Umat Islam, Gubernur dan Wagub sering manyapa Umat Hindu, Budha, Kristen Protestan, Kristen Katolik dan Konghucu. Organisasi keagamaan pun sering disapa oleh Gubernur dan Wagub untuk berdialog dan mencari solusi bersama setiap masalah di NTB. Bagi keduanya, “NTB Adalah Rumah Besar Kita Semua”.

3. Zul-Rohmi Sangat Sering Dikunjungi oleh Duta Besar dan Konsulat Jenderal
NTB, dalam satu tahun kepemimpinan Gubernur Bang Zul-Umi Rohmi, sering sekali dikunjungi oleh para duta besar. Tidak kurang dari dua puluh duta besar yang datang untuk belajar dan menjalin kerjasama dengan NTB. Di antaranya, Duta Besar Polandia, Australia, Austria, Tuki, Malaysia, Denmark, Azerbaijan , Serbia, Thailand, Vietnam, Kroasia. Belum lagi para konsulat jenderal yang melihat peluang investasi di NTB. Ini merupakan sebuah keharusan. Bahwa kekuatan jaringan memegang peran penting untuk membangun daerah.

4. Bang Zul-Umi Rohmi Sukses Menyelenggarakan Simposium Internasional APGN 2019
NTB sukses menjadi tuan rumah the 6th Asia Pasific Geoparks Network (APGN) Symposium 2019. Kegiatan itu dihelat mulai 31 Agustus hingga 6 September 2019. Sebanyak 700 Peserta dari 30 Negara dibuat takjub oleh budaya dan potensi alam yang ada di NTB. Meski pernah dilanda musibah gempa, namun sebagian besar para peserta menilai pemerintah provinsi telah melakukan langkah-langkah cepat untuk memulihkan keadaan. Saat ini, NTB telah bangkit dan kembali hidup normal dan siap berlari kencang. Gubernur dan Wagub menegaskan NTB telah menjadi daerah yang siap dikunjungi oleh siapapun. Sebab, keadaan di daerah ini sudah normal dan pulih sebagaimana biasanya.

5. Zul-Rohmi Berhasil Membuka Direct Flight “AirAsia” rute NTB-Australia
Gubernur Bang Zul dan Wagub Doktor Umi Rohmi telah berhasil menjalin kerjasama dengan dengan Maskapai AirAsia. Tanggal 2 Mei 2019 merupakan hari bersejarah bagi NTB dan Maskapai AirAsia. Sebab, saat itu rute penerbangan langsung (Direct Flight) Lombok-Perth (Australia) yang diupayakan sejak November 2018 lalu kini menuai hasil menggembirakan bagi dunia Pariwisata di Lombok dan Sumbawa.

Hasilnya, khusus kunjungan wisatawan yang berasal dari Australia ke Lombok angkanya hingga Juli ini telah melampaui kunjungan wisatawan yang berasal dari Australia di Tahun 2018. Jika di tahun 2018, kunjungan wisatawan Australia itu hanya sekitar 2.315 orang, maka di tahun 2019 ini dari Januari hingga Juli saja sudah mencapai angka 5.480 orang. Ini suatu peningkatan yang cukup signifikan pasca dibukanya direct flight Perth-Lombok maupun Lombok-Perth yakni sekitar 163%.

6. Zul-Rohmi Telah Mengirim 400 Anak Muda NTB Belajar ke Berbagai Negara
Pada Senin, 16 September 2019, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc, melepas 176 mahasiswa penerima beasiswa tujuan Polandia dan Malaysia di Gedung Graha Bhakti Praja NTB. Dari 176 penerima beasiswa tersebut, sebanyak 28 orang akan melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di Polandia. Sementara, 148 lainnya akan melanjutkan studi di sejumlah perguruan tinggi di Malaysia.

Dengan tambahan jumlah tersebut, maka menjelang satu tahun kepemimpinannya, pasangan Zul-Rohmi, telah mengirimkan tak kurang dari 400 anak-anak NTB dikirim belajar ke luar negeri. Sesuai target RPJMD, Pemprov NTB akan mengirim 1.000 anak NTB belajar ke luar negeri sampai 2023 mendatang.

7. Bang Zul Suka Motor Gede, Umi Rohmi Suka Menulis
Gubernur Bang Zul termasuk salah satu pemimpin daerah yang suka mengendari Sepeda Motor Gede (Moge). Bahkan, tidak jarang orang nomor satu di NTB ini sering manyapa masayarakat dengan mengendarai sepeda motor. Kebiasaan mengendarai Moge ini lahir secara tidak disengaja. Sebab, Moge yang dikendarai Bang Zul adalah titipan temannya. Ketimbang menganggur, motor itu dipakainya untuk berbagai kegiatan, bila diperlukan. Termasuk, ia kendarai saat menyambut Jambore Nasional Ikatan Motor Indonesia (IMI), 25 Agustus 2019 lalu. Tidak kurang dari dua ribu pencinta Motor di seluruh Indonesia hadir untuk mengeksplorasi keindahan alam NTB.
Sementara Wakil Gubernur NTB, Doktor Umi Rohmi, sangat menikmati dunia penulisan. Berbagai macam judul tulisan yang tersebar di berbagai media cetak di NTB ini merupakan karya monumental Umi Rohmi. Sebab baginya, tulisan merupakan karya yang dapat mempengaruhi pikiran pembacanya. Menurut Umi Rohmi, pola pikir dan perilaku seseorang dapat dilihat dari apa yang ia sering baca.

8. Jumpa Bang Zul-Umi Rohmi “cara untuk mendengar keluh kesah masyarakat”
Salah satu program yang diapresiasi banyak kalangan di bawah kepemimpinan Bang Zul dan Umi Rohmi adalah Jumpa Bang Zul-Umi Rohmi. Sejak digelar pertama tanggal 12 Oktober 2018 lalu, di Halaman Kantor Gubernur NTB, program ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk bertemu langsung dengan Gubernur dan Wagub. Tidak hanya bertemu, namun juga untuk menyampaikan gagasan, harapan serta solusi dari setiap persoalan masayarakat. Dalam satu tahun kepemimpinan Bang Zul-Umi Rohmi, kegiatan ini telah digelar sebanyak 21 kali.

Kegiatannya pun tidak hanya di halaman kantor Gubernur. Namun juga di seluruh kabupaten/kota se-NTB. Hal ini dilakukan untuk menjemput aspirasi dan gagasan masyarakat dari dekat. Sehingga, Gubernur dan Wagub, di samping mendengarkan, juga bisa merasakan langsung denyut nadi kehidupan masyarakat yang ada. (r)