Mendagri Perpanjang Masa Jabatan Penjabat Sekda NTB

Fathurrahman (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Jabatan Penjabat Sekda NTB, Dr. Ir. H. Iswandi, M. Si yang akan berakhir, Jumat, 13 September 2019 diperpanjang oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).  Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menunjuk H. Iswandi menjadi Penjabat Sekda NTB untuk tiga bulan ke depan sesuai SK No. 821/9279/SJ tertanggal 11 September 2019.

Sementara itu, pembentukan Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Mandya Sekda NTB terus berproses. Saat ini, prosesnya sudah masuk ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Ditargetkan, hasil seleksi Sekda definitif akan tuntas dilakukan akhir Oktober mendatang.

‘’Surat sudah keluar dari Kemendagri untuk penunjukan Penjabat Sekda untuk periode berikutnya. Rencana, besok akan dilantik pukul 15.00 Wita,’’ kata Kepala Badan Kepagawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si dikonfirmasi di Mataram, Kamis, 12 September 2019 siang.

Baca juga:  BPS Survei Integritas Enam OPD Lingkup Pemprov NTB

Dijelaskan, penunjukan Penjabat Sekda NTB, H. Iswandi  tersebut untuk kesinambungan tugas-tugas pemerintahan. Penunjukan itu juga dilakukan sesuai dengan evaluasi oleh Kemendagri.

‘’Ada hal-hal yang menyangkut substansi dari tugas-tugas yang diberikan oleh pimpinan dalam hal ini Pak Gubernur dan Wakil Gubernur,’’ terangnya.

Apakah penunjukan Kepala Bappenda NTB menjadi Penjabat Sekda berdasarkan usulan gubernur? Fathurrahman mengatakan bahwa memang di dalam Perpres No. 3 Tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah tidak ada ketentuan yang mengatur hal itu.

Baca juga:  Survei Integritas KPK, OPD Terus Berbenah dalam Pengawalan Inspektorat

Tetapi, Pemprov dalam hal ini gubernur dapat mengusulkan nama Penjabat Sekda ke Kemendagri. Tetapi tentunya, Kemendagri juga akan melihat pertimbangan-pertimbangan sebelum menunjuk dan menetapkan  Penjabat Sekda.

Terkait dengan Pansel Sekda NTB, Fathurrahman mengatakan akan berjalan sesuai tahapan. Saat ini, nama-nama Pansel sudah dikonsultasikan ke KASN. Selanjutnya, Pemprov masih menunggu jawaban atau rekomendasi KASN.

Proses seleksi calon Sekda NTB rencananya akan dilakukan selama sebulan. Termasuk di dalamnya masa pendaftaran calon Sekda NTB selama 15 hari kalender.

‘’Dari tahapan seleksi yang sudah kita buat. Kita bisa melakukan itu satu bulan. Kalau tak ada kendala berarti. Akhir Oktober kita sudah dapat menghasilkan Sekda definitif,’’ pungkasnya. (nas)