Gubernur Bentuk Pansel Jaring Sekda NTB

Zulkieflimansyah (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc menyatakan, telah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) untuk menjaring Sekda NTB definitif. Nama-nama anggota Pansel Sekda atau Jabatan Pimpinan Tinggi Madya ini sedang dikonsultasikan ke Kemendagri dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

‘’Kita sudah siapkan Panselnya. Mudah-mudahan segera. Sudah (dibentuk),’’ kata gubernur dikonfirmasi usai acara Jumpa Bang Zul dan Ummi Rohmi di Lapangan Atletik Mataram, Jumat, 6 September 2019 siang.

Ditanya mengenai nama-nama anggota Pansel yang akan menjaring Sekda NTB. Gubernur mengaku tak hafal nama lengkapnya. Namun ia memastikan seleksi terbuka  JPT mandya atau Sekda NTB tersebut akan segera dilakukan.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. H. Fathurrahman, M. Si yang dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 6 September 2019 sore membenarkan sedang disiapkan pembentukan Pansel. Ia menyebutkan anggota Pansel Sekda nantinya sebanyak lima orang.

Terdiri dari satu unsur pejabat eselon I Kemendagri dan empat orang pakar. Nama-nama tersebut sedang dikonsultasikan ke intansinya. Setelah itu, lima nama tersebut akan dikonsultasikan ke KASN.

Setelah keluar rekomendasi KASN, direncanakan pertengahan September ini sudah mulai dibuka pendaftaran calon Sekda NTB selama 15 hari. Ditargetkan proses seleksi Sekda NTB akan tuntas pada Oktober mendatang.

Mengenai masa jabatan Penjabat Sekda NTB, Ir. H. Iswandi, M. Si yang akan berakhir 13 September mendatang. Fathurrahman mengatakan, sesuai Perpres No. 3 Tahun 2018, itu akan menjadi kewenangan Kemendagri.

‘’Kalau melampaui tiga bulan, ada kewenangan Kemendagri untuk menunjuk Penjabat Sekda. Apakah menunjuk (Penjabat Sekda) yang sudah ada atau tidak, kewenangannya ada di Kemendagri,’’ terangnya. (nas)