Efisiensi Waktu Pelayanan, Imigrasi Mataram Terapkan Antrean Online

Petugas Imigrasi Kelas I TPI Mataram saat melayani permohonan paspor. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Imigrasi Kelas I TPI Mataram bakal menerapkan antrean online untuk pemohon paspor. Antrean online bertujuan untuk memudahkan pemohon. Sistemnya, pemohon bisa memilih sendiri waktu mengantre. Pemohon mendapatkan kepastian waktu pelayanan yang efisien.

Plt. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Andre Armand Armada Yoga Surya mengatakan sistem antrean online itu bisa digunakan melalui ponsel pintar berbasis Android.

“Pendaftaran antrean online bisa lewat HP atau bisa melalui antrean di kantor. Periode antrean untuk setiap satu jam. Pemohon bebas memilih,” ujarnya dikonfirmasi Senin, 19 Agustus 2019.

Kantor Imigrasi Mataram melayani permohonan paspor sejak pukul 08.00 Wita sampai pukul 15.00 Wita. Setiap jamnya, disiapkan kuota

untuk 17 pemohon paspor. Pemohon menyesuaikan sendiri tanggal dan waktu kedatangan untuk mengantre paspor.

“Jadi setelah daftar ada berkas yang dicetak sebagai bukti pendaftaran. Nanti bisa ditunjukkan langsung dari HP kepada petugas. Kalau mendaftar di kantor nanti bukti cetaknya yang ditunjukkan,” paparnya.

Nomor antrean itu nantinya akan tercantum identitas pemohon yang diminta pada saat pengisian berkas antrean online. Antara lain nomor KTP dan waktu hadir yang sudah dipilih sebelumnya.

Pemohon yang datang pada waktu yang ditentukan itu bisa langsung menuju loket tanpa harus mengantre secara fisik lagi. “Ini memudahkan pemohon agar tidak ada waktu yang terbuang karena mengantre. Disesuaikan saja jam hadirnya dengan waktu lowongnya,” pungkas Armand. (why)