Delapan Pemda Diminta Percepat Usulan Pengangkatan Dewan Terpilih

Irnadi Kusuma (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB meminta delapan Pemda kabupaten/kota untuk mempercepat usulan pengangkatan anggota DPRD terpilih periode 2019-2024. Sehingga tidak terjadi kekosongan lembaga legislatif di kabupaten/kota.

‘’Delapan daerah belum mengajukan usulan pengangkatan. Baru mau ngantar, katanya. Lombok Barat baru telepon, dia mau pelantikan Senin. Sementara dia belum membawa usulan,’’ kata Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB, H. Irnadi Kusuma, MH dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Kamis, 8 Agustus 2019 siang.

Irnadi mengatakan, baru dua daerah yang sudah keluar SK Gubernur mengenai pengangkatan anggota DPRD terpilih. Yakni Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Utara. Untuk Kota Mataram sudah dilalukan pelantikan anggota dewan terpilih pada 5 Agustus lalu. Sedangkan anggota DPRD KLU terpilih direncanakan 11 Agustus 2019. Namun SK Gubernur sudah turun.

Baca juga:  Rendah, Partisipasi Masyarakat Kawal Tahapan Pencalonan

Ia memastikan semua usulan dari kabupaten/kota mengenai pengangkatan dan pelantikan anggota DPRD terpilih akan langsung diproses Biro Pemerintahan. Ia mengatakan apa yang menjadi kewajiban Pemprov akan segera ditindaklanjuti.

‘’Apalagi ini tindaklanjut hasil Pemilu legislatif, maka harus segera ditindaklanjuti.

Durasinya tidak lama di provinsi. Yang sudah Kota Mataram, bahkan sudah dilantik. KLU sudah, tinggal pelantikan Senin depan,’’ ujarnya.

Mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB ini mengatakan, apabila masa jabatan anggota dewan yang lama sudah berakhir. Maka pada tanggal tersebut idealnya dilakukan pelantikan anggota DPRD terpilih. Supaya tidak terjadi kekosongan lembaga legislatif.

Baca juga:  Rendah, Partisipasi Masyarakat Kawal Tahapan Pencalonan

Untuk itu, daerah yang segera berakhir masa jabatan amggota DPRD periode 2014-2019, agar mempercepat usulan penetapan SK pengangkatan dari Gubernur. “Supaya tidak ada kekosongan jabatan hanya karena peralihan masa bakti itu,” katanya.

Diketahui, pada periode sebelumnya, SK pengangkatan anggota DPRD Sumbawa ditetapkan 22 Juli 2014, Dompu, 3 September 2014, Lombok Timur, 22 Juli 2014, Kota Mataram, 22 Juli 2014. Kemudian Kabupaten Bima, 9 September 2014, Sumbawa Barat, 6 Agustus 2014, Lombok Utara, 22 Juli 2014, Lombok Tengah, 22 Juli 2014. Sedangkan Lombok Barat anggota DPRD yang lama dilantik 11 Agustus 2014 dan Kota Bima, 24 September 2014. (nas)