Pemprov akan Evaluasi Pencapaian RPJMD NTB

Wedha Magma Ardhi (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Menjelang  tahun ke dua kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc – Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd, Pemprov NTB melalui Bappeda akan mengevaluasi pencapaian target-target pembangunan yang tertuang dalam RPJMD.

‘’Ini akan masuk tahun ke dua RPJMD, kami di Bappeda sedang mencoba siap-siap melakukan evaluasi RPJMD. Evaluasi pencapaian dan (RPJMD) kita sesuaikan nanti,’’ kata Kepala Bappeda NTB, Ir. Wedha Magma Ardhi, M.TP dikonfirmasi di Mataram, kemarin.

Selain mengevaluasi capaian program-program yang ada di dalam RPJMD. Ardhi mengatakan juga akan dilihat apakah dilakukan penyesuaian sesuai RPJMN.

Ardhi mengatakan, pihaknya sudah mendapat gambaran kebijakan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024. Kemudian, Bappeda juga sudah mendapatkan perencanaan teknokratik RPJMN lima tahun mendatang.

‘’Kita akan coba lihat, di mana tempat keselarasannya dan kita kaitkan sama RPJMD kita. Paling tidak secara teknokratik dulu. Sehingga nanti 2020 ditetapkan RPJMN, kita sudah siap konsepnya. Sehingga 2021 kita tinggal melaksanakan,’’ terangnya.

Diketahui, terdapat enam misi dan  52 program unggulan daerah, yang telah dituangkan ke dalam dokumen perencanaan RPJMD NTB 2019-2023. Pertama, mewujudkan NTB tangguh dan mantap. Melalui penguatan mitigasi bencana dan pengembangan infrastruktur serta konektivitas wilayah. Ada delapan  program unggulan  untuk NTB Gemilang Infrastruktur dan Tangguh Bencana. Yakni, Percepatan Jalan Mantap, SPAM Regional, penerapan sistem informasi siaga bencana atau SI-AGA, Irigasi Cukup, Desa Tangguh Bencana, Nusa Terang Benderang, NTB Terkoneksi dan Sekolah Siaga Bencana.

Kedua, mewujudkan  NTB Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi yang berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dari KKN dan berdedikasi. Program unggulan Gemilang Birokrasi ini meliputi sembilan program/kegiatan yang berbasis digital. Yaitu eNTeBe Plan, SAKIP LEVEL A,  E-Samsat;, NTB Care, Research Based Policy, Samsat Delivery, NTB SDGs Centre,  NTB Satu Data, NTB Satu Peta; dan NTB WTP

Ketiga, mewujudkan NTB sehat dan cerdas melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai pondasi daya saing daerah. Telah ditetapkan sepuluh program unggulan Gemilang Pendidikan dan Kesehatan. Salah satu diantaranya adalah 1.000 cendikia, dimana putra-putri NTB setiap tahun dikirim keluar negeri untuk menimba ilmu dan memperkaya mindset, sehingga kelak setelah kembali ke tanah air,  siap menjadi pemimpin-pemimpin bangsa dan bahkan pemimpin dunia.

Selain  1.000 Cendekia juga terdapat sembilan program strategis lainnya, yakni  Literasi Digital, Rumah Bahasa, Revitalisasi Posyandu, NTB Juara, Air Bersih Untuk Semua, Jamban Keluarga, Re-engineering SMK, Generasi Emas NTB; dan Rumah Layak Huni.

Keempat, mewujudkan NTB asri dan lestari melalui pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan. Terdapat enam program unggulan Gemilang Lingkungan yang menjadi fokus penanganan secara kolaboratif, baik antara pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, maupun stakeholder lainnya.

Mulai dari gerakan sadar lingkungan hingga program aksi pengendalian pencemaran lingkungan, khususnya sampah plastik dan limbah industri melalui gerakan Zero waste.  Program-program tersebut meliputi Pembangunan Tata Ruang secara Berkelanjutan, NTB Hijau,  NTB Zero Waste, Geopark Dunia, Bank Sampah; dan Taman Asri.

Kelima, mewujudkan NTB sejahtera dan mandiri melalui penanggulangan kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan pertumbuhan ekonomi inklusif bertumpu pada pertanian, pariwisata dan industri. Industrialiasasi merupakan kunci mewujudkan  masyarakat NTB yang sejahtera dan mandiri.

Ada 18 program unggulan Gemilang Ekonomi, Pariwisata, Pertanian dan Industri. Terdiri dari Melawan kemiskinan dari desa, Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Unggul,  E-Commerce, BUMDes Maju, Science Technology Industrial Park (STIP) Inovatif, Koperasi Aktif, Keluarga Sasambo Gemilang, NTB ramah investasi, UMKM Bersaing,  99 Desa Wisata, Perda Produk Lokal, Rumah Kemasan,  Pertanian Lestari, Kampung Unggas, Revitalisasi BLK, Apartemen Ikan, KRPL dan Industrialisasi Produk Pertanian

Keenam, mewujudkan NTB aman dan berkah melalui pengembangan masyarakat madani yang beriman, berkarakter dan penegakan hukum yang berkeadilan. Terdapat  9 program unggulan Gemilang Pembangunan Sosial Budaya. Yaitu Islamic Centre Pusat Peradaban, Kampung Madani, Desa Bersinar, Kampung Media,  Bale Mediasi, Kota Layak Anak, Sekolah Perjumpaan, Ramah Difabel dan  PAUD Holistik Integratif. (nas)