TGB Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Tertinggi dari Presiden

TGH. M. Zainul Majdi menerima penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden H.Jusuf Kalla, di Jakarta Rabu, 17 Juli 2019. (ant/balipost)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB periode 2008-2018, Dr. TGH. M. Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) menerima penghargaan tanda kehormatan dari Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi). TGB diberikan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, yang merupakan penghargaan tertinggi dari Presiden Indonesia dalam pengelolaan manajemen pemerintahan.

Penyerahan dirangkai dengan pembukaan Indonesia International Smart City Expo and Forum 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu, 17 Juli 2019. Penghargaan ini diberikan atas Tata Kelola Pelayanan Publik dalam Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan selama TGB memimpin NTB.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB, Najamuddin Amy, S. Sos, MM menjelaskan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc – Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M. Pd memberikan apresiasi kepada TGB yang mendapatkan penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha.

Baca juga:  TGB Ajak Warga NW Jaga Keutuhan NKRI

‘’Ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus berbenah, melanjutkan ikhtiar baik yang sudah dilakukan TGB selama 10 tahun lalu,’’ kata Najamuddin dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 17 Juli 2019 siang.

Selama 10 tahun memimpin NTB, kata Najamuddin memang banyak capaian-capaian pembangunan di bidang pelayanan publik yang ditorehkan TGB. Di mana, NTB menjadi salah satu top mover provinsi dengan percepatan penurunan kemiskinan di Indonesia.

TGB juga berhasil menjadikan NTB sebagai provinsi yang terkenal dengan branding wisata halal di Indonesia bahkan dunia. Sehingga, NTB pernah mendapatkan predikat The Best Halal Tourism Destination di dunia.

‘’Penghargaan ini lebih kepada ikhtiar beliau dalam meningkatkan pelayanan publik. Kita sikapi bahwa penghargaan ini sebagai apresiasi pemerintah pusat kepada 10 tahun kepemimpinan TGB,’’ katanya.

Baca juga:  TGB Ajak Warga NW Jaga Keutuhan NKRI

Najamuddin kembali mengatakan gubernur memberikan apresiasi terhadap keberhasilan TGB memimpin NTB selama 10 tahun lalu. Apalagi kepemimpinan Zul-Rohmi adalah melanjutkan ikhtiar-ikhtiar baik yang sudah dilakukan TGB dan Gubernur NTB sebelumnya.

‘’Pak Gubernur memberikan ucapan selamat kepada TGB secara pribadi dan sebagai gubernur NTB dua periode. Ini menjadi kebanggaan bagi kita semua,’’ pungkas mantan Wakil Ketua Komisi Informasi (KI) NTB ini.

Selain mendapatkan penghargaan ini, sebelumnya, TGB juga pernah meraih penghargaan tertinggi dari Presiden Indonesia yaitu Bintang Mahaputra Utama dari Presiden ke enam Indonesia, H. Susilo Bambang Yudhoyono. Penghargaan diberikan atas prestasi menonjol dalam pembangunan daerah saat memimpin NTB. Penghargaan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha ini menambah puluhan penghargaan yang diterima oleh TGB sebelumnya. (nas)