Sirkuit Mandalika Disiapkan Jadi Lokasi Balap Formula 1

Marketing Director ITDC, Ricky dan Director Formula 1, Ms.Chloe Targett-Adam, di London beberapa waktu lalu. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Selain menjadi lokasi pelaksanaan MotoGP 2021, Sirkuit Mandalika juga sedang dipersiapkan menjadi tempat  penyelenggaraan balapan Formula 1. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc mengatakan, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola KEK Mandalika sudah melakukan pembicaraan awal dengan penyelenggara Formula 1 di London, Inggris baru-baru ini.

‘’Kalau penyelenggaraan MotoGP 2021 sukses maka sirkuit MotoGP ini oleh Presiden sudah disiapkan untuk menjadi host Formula 1,’’ kata gubernur, Rabu, 17 Juli 2019.

Ia mengatakan, menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi penyelenggaraan balap Formula 1 bukan sebatas mimpi dan angan-angan. Dari hasil pembicaraan awal ITDC dengan penyelenggara Formula 1 di London, tutur gubernur, mereka memberikan respons yang sangat luar biasa dan antusias.

Bahkan, kata orang nomor satu di NTB ini, penyelenggara Formula 1 yang berada di London menjadikan Sirkuit Mandalika prioritas utama penyelenggaraan Formula 1 di masa mendatang.

Penyelenggaraan MotoGP dan Formula 1 diupayakan dilaksanakan di Sirkuit Mandalika, karena pemerintah ingin membuat sejarah. Setelah sukses menjadi tuan rumah Asian Games, kemudian menjadi tuan rumah Olimpiade untuk pertama kalinya.

‘’Dan suksesnya Mandalika dengan MotoGP, kemudian Formula 1-nya adalah langkah pendahuluan untuk bidding menjadi tuan rumah Olimpiade,’’ ujar Dr. Zul.

Gubernur mengatakan, Mandalika adalah langkah awal yang diayunkan Pemerintah Indonesia untuk melangkah ribuan mil ke depan. Menurutnya, tidak ada yang tidak mungkin jika kamauan dan mimpi besar itu bisa didekap dengan penuh keyakinan.

Tantangannya kemudian, kata Dr. Zul bagaimana membuat harmonisasi antara berbagai mimpi dan event besar tersebut kompatibel dengan predikat NTB sebagai The Best Halal Tourism Destination di dunia. Disebutkan, pihak ITDC yang melakukan pembicaraan awal ke London adalah Marketing Director ITDC yang bertemu dengan Director Formula 1 Internastional, Ms Chloe Targett Adam. ‘’Kita memang tidak sedang bermimpi,’’ tandas Dr. Zul.

Untuk menyambut MotoGP 2021, sebanyak 300 anak muda NTB akan dilatih menjadi race official di Sepang Malaysia. Gubernur mengatakan hal itu sudah dibicarakan dengan Direktur Utama ITDC, Abdulbar M. Mansoer.

Dr. Zul menyebutkan Pemprov dan ITDC sudah sepakat melatih 300 anak muda NTB untuk menjadi race official MotoGP Mandalika. Sebanyak 150 anak-anak muda asal Lombok Tengah. Dan sisanya berasal dari sembilan kabupaten/kota lainnya yang ada di NTB.

Anak-anak muda NTB ini akan dikirim secara bertahap ke Malaysia. Untuk tahap pertama akan mulai dikirim Oktober mendatang. Jika anak-anak muda NTB sukses, kata Dr. Zul, maka mereka tidak hanya bisa berpartisipasi menjadi race official di Sirkuit Mandalika. Tetapi juga di berbagai event MotoGP yang diselenggarakan diberbagai negara.

‘’Anak-anak lokal tak boleh jadi penonton. Jadi kita minta race official harus orang lokal,’’ tandasnya. (nas)