Garansi Gubernur NTB, Izin Investasi Tuntas Sepekan

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah saat menerima dan mendengarkan pemaparan investor yang akan berinvestasi di Gili Gede, Lombok Barat, Jumat, 5 Juli 2019. (Suara NTB/Humas Setda NTB)

Mataram (Suara NTB) – Kemudahan dalam mengurus administrasi untuk berbisnis di NTB telah digaransi. Garansi ini diberikan langsung oleh Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah. Gubernur menjamin, selama itu menjadi kewenangannya dan seluruh persyaratan terpenuhi, perizinan investasi sudah harus beres dalam sepekan.

Hal itu disampaikan gubernur usai menerima investor yang ingin mengelola kawasan Gili Gede, di ruang kerjanya, Jumat, 5 Juli 2019.

Menurut gubernur, garansi kemudahan berinvestasi tidak hanya sekadar jargon atau basa-basi. Dalam berbagai kesempatan, gubernur telah berulangkali mengutarakan hal ini. Ia menegaskan, kemudahan berinvestasi adalah mutlak jika ingin memajukan perekonomian daerah.

Sebab, ujar gubernur, mesin pertumbuhan ekonomi NTB adalah investasi. Pemerintah hanya bertugas memegang kemudi alias menjalankan regulasi.

Komitmen memudahkan investasi ini bukan tanpa alasan. Sebab, kegiatan berinvestasi atau melakukan usaha ekonomi, akan melahirkan banyak manfaat. Mulai dari tersedianya lapangan pekerjaan baru, terserapnya komoditas-komoditas lokal, hingga terbangunnya fasilitas dan sarana baru oleh para pelaku bisnis.

Baca juga:  Dikes NTB Tertarik Kerjasama DPIM

“Investasi memungkinkan lapangan kerja baru terbuka. Kalau lapangan kerja tercipta, maka masyarakat akan punya penghasilan dan jaminan pendidikan serta kesehatan. Standar hidup kita semua kemudian jadi lebih baik,” ujarnya.

Karenanya, gubernur bertekad, iklim di NTB harus bersahabat dan hangat dengan investasi dan komunitas bisnis. “Para investor harus merasa nyaman dan aman di tempat kita,” ujar Gubernur yang akrab disapa Doktor Zul ini.

Tak hanya memberikan kemudahan bagi pebisnis. Selaras dengan hal itu, pemerintah daerah memiliki pekerjaan rumah untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu bekerja di unit-unit bisnis yang dibuat oleh investor.

Baca juga:  NTB Diburu Investor

“Menyiapkan SDM kita agar compatible dengan kepentingan investasi tadi. Sehingga anak-anak daerah kita tak jadi penonton di daerahnya sendiri,” seru Gubernur.

Ia menerangkan, investor yang bertemu dengannya kali ini, tertarik membangun bisnis di Gili Gede, Lombok Barat (Lobar). Kepada investor ini, Gubernur menegaskan bahwa seluruh perizinan yang menjadi kewenangannya akan ia permudah. Seluruh perizinan tersebut harus selesai dalam waktu cepat. “Maksimal seminggu kelar kalau itu otoritas saya,” tegasnya.

Kalaupun para investor atau pelaku usaha punya kesulitan atau dipersulit, gubernur meminta agar tidak ragu untuk memberitahukannya. ‘’Mudah-mudahan segera bisa kami bantu agar geliat ekonomi segera menggelinding untuk kemajuan kita bersama,’’ tegasnya. (r)