Gaji ke-13 ASN Kota Mataram Mulai Cair

Ilustrasi Gaji ASN (pxhere)

Mataram (Suara NTB) – Aparatur sipil negara (ASN) di Lingkup Pemkot Mataram akan segera mendapatkan rezeki. Pada Selasa, 2 Juli 2019, Badan Keuangan Daerah (BKD) akan mencairkan gaji ke 13. Proses transfer ke rekening pegawai diserahkan ke masing – masing organisasi perangkat daerah (OPD). “Hari ini sudah dicairkan,” kata Kepala BKD Kota Mataram, Drs. H. M. Syakirin Hukmi.

Sesuai rencana pencairan gaji ke 13 sebenarnya dijadwalkan dibayarkan pada bulan Juni lalu. Akan tetapi kata Syakirin berdasarkan aturan pembayaran di bulan Juli, sehingga mengikuti pembayaran dari pemerintah pusat. “Di pusat saja hari ini juga cair,” ucapnya.

Secara keseluruhan pembayaran gaji ke 13 menghabiskan anggaran mencapai Rp20 miliar. Nilainya hampir sama seperti pembayaran tunjangan hari raya (THR). Kebijakan pemberian gaji ke 13 disampaikan Syakirin, hanya diberikan kepada pegawai negeri sipil. Sementara, pegawai non PNS tidak diberikan karena tidak tersedianya anggaran. “Honorer ndak dapat.  Anggarannya tidak ada,” cetusnya.

Baca juga:  Miliki Kampus IPDN, NTB Tak Dapat Perlakuan Khusus Kemendagri

Dicairkannya gaji ke 13 mendapatkan respon positif dari sebagian besar pegawai di Pemkot Mataram. Pasalnya, dana itu akan segera digunakan untuk biaya pendidikan. Seperti disampaikan Siti Maesarah, staf Bagian Humas dan Protokoler Setda Kota Mataram  mengaku, gaji ke 13 akan digunakan untuk biaya daftar ulang anaknya yang masuk sekolah. “Saya pakai untuk biaya daftar ulang anak saya. Biaya masuknya saja Rp3 juta,” sebutnya sambil tertawa.

Baca juga:  Pemkot Mataram Belum Bisa Bayar Gaji P3K

Kebijakan diberikan gaji ke 13 oleh pemerintah dinilai cukup membantu. Apalagi peruntukannya itu khusus biaya pendidikan dan lain – lain. Dengan nada bercanda, ia berharap gaji tersebut bisa segera masuk tanpa proses di OPD. “Kalau gaji saya kan ndak cukup,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Maya. Ia bersyukur ada tambahan pendapatan diperoleh dari gaji ke 13. Mengharapkan gaji untuk biaya sekolah dan kebutuhan sehari – hari saja tidak cukup. “Alhamdulillah, kalau sudah cair,” ucapnya.

Gaji itu nantinya akan digunakan untuk kebutuhan pendidikan dan membeli kebutuhan lainnya. Dia juga berharap gaji bisa segera masuk ke rekening. (cem)