Akan Digelar ‘’Job Fair’’, 50 Perusahaan Sediakan Lebih dari 3.000 Lowongan Kerja

Bursa kerja (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi NTB memfasilitasi penyelenggaraan bursa kerja (job fair). Sebanyak 50 perusahaan akan ambil untuk 3 ribu lebih lowongan kerja.

Bursa kerja akan dilaksanakan selama dua hari pada 27 & 28 Juni 2019 di Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP). Lokasinya di Jalan Mahoni No 1 Mataram, persis di belakang Kantor Imigrasi Mataram.

Bursa kerja yang ke dua kali dilaksanakan tahun ini, kata Kepala Dinas Nakertrans Provinsi NTB, Dr. Muhammad Agus Patria, SH, MH melalui Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kerja, Abdul Hadi, termasuk bursa kerja terbesar yang diselenggarakan.

50 perusahaan yang ambil bagian, bergerak di berbagai sektor. Keuangan, pariwisata, perdagangan, telekomunikasi, IT, otomotif. Di antara perusahaan – perusahaan tersebut, PT. BFI Finance Indonesia Tbk, PT. MNC Sky Vision Tbk, PT. Sinarmas Multifinance, PT. MG Indonesia, PT. Permodalan Nasional Madani.

Global Retalindo Pratama, PT. Pilar Putra Teknik, PT. Asuransi Jiwasraya, PT. Sumber Alfaria Trijaya,GGK Group. PT. Mahkota Cipta Indonesia, OTO Group, Jembatan Baru Group. PT. Victory International, PT. Bali Foam Nusa Megah, PT. Selaparang Garda Nusa, PT. Excel Mitra Telecomindo, PT. WOM Finance.

Baca juga:  Peminat Kursus di BLK NTB Membludak

Prima Parama Mobilindo, PT. Kroda Dinamik Autonusa, PT. Roda Sakti Surya Megah, PT. Bank Bukopin Tbk, Fizz Hotel, Golden Palce Hotel, LPHC, Idoop Hotel, Sunwood Arianz Hotel, PT. Global Expo Servindo, Bank Sinarmas, AJB Bumiputera 1912, dan sejumlah perusahaan lainnya.

Abdul Hadi mengimbau para angkatan kerja untuk mempersiapkan dokumen-dokumen lamaran, agar saat pelaksanaan bursa kerja, lamaran dapat dimasukkan sesuai bidang perusahaan yang diminati. Atau pendaftaran telah dapat dilakukan melalui online di laman e-bursakerja.kemenaker.go.id.

Caranya, dengan membuka alamat web tersebut, lalu masuk ke menu pendaftaran, isi lengkap data diri pada formulir pendaftaran, upload berkas lamaran dalam bentuk PDF, lalu register, print atau screenshot DR Code DAR email, bawa QR Code sebagai tanda masuk area job fair, datang pada booth perusahaan sesuai dengan daftar lowongan, lalu scan QR Code penacari kerja pada dashboard perusahaan.

Baca juga:  NTB akan Kirim Naker ke Australia

Kata Abdul Hadi, bursa kerja dilakukan dengan tujuan mempertemukan pencari kerja dan penyedia kerja secara bersamaan dalam waktu tertentu. Pencari kerja dapat melamar langsung lowongan kerja yang ditawarkan oleh perusahaan di arena bursa kerja tersebut, dan perusahaan dapat melakukan wawancara langsung kepada pelamar kerja sehingga dapat langsung diketahui status dan proses lamarannya.

Persoalan pengangguran adalah persoalan nasional. Pengangguran terjadi salah satunya karena ketidaktahuan pencari kerja atas lowongan-lowongan yang telah disiapkan oleh perusahaan. Memasukkan lamaranpun dilakukan gamang.

Dengan bursa kerja ini, pencari kerja akan mendapatkan kepastian perusahaan yang membutuhkan karyawan. Demikian juga perusahaan, akan mendapatkan karyawan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan.

‘’Lowongan yang disediakan pada job fair, selanjutnya kita terus awasi realisasinya dan dilaporkan ke Kemenaker. Selama ini hasil evaluasi umumnya sudah sesuai harapan,’’ demikian Abdul Hadi. (bul/*)