Gaungkan Kawasan The Mandalika, ITDC Gelar Lebaran ‘’On The Beach’’

Atraksi seni semarakkan Lebaran On The Beach ITDC di kawasan The Mandalika. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Serangkaian untuk menyemarakkan perayaan hari raya Idul Fitri, PT. Pengembang Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menggelar event Lebaran On The Beach di Kuta Beach Park di kawasan The Mandalika. Event itu digelar mulai tanggal 7 sampai 16 Juni mendatang. Selain untuk menggaungkan kawasan The Mandalika, event tersebut diharapkan bisa menjadi wahana memperkenalkan kesenian dan budaya lokal Lombok Tengah (Loteng).

“Event Lebaran on the beach ini memang kita gelar tidak hanya untuk memperkenalkan secara lebih luas lagi kawasan The Mandalika. Tetapi juga bisa menjadi wahana bagi para pelaku seni didaerah ini untuk berekspresi dan berkreasi,” ungkap Kepala General Support The Mandalika I Gusti Lanang Bratasuta, kepada Suara NTB, Minggu, 9 Juni 2019.

Ia menjelaskan, event sendiri digelar selama dua jam setiap hari. Mulai pukul 16.00 wita sampai pukul 18.00 wita. Diisi oleh berbagai penampilan dan atraksi seni khas daerah ini, Seperti band akustik, kesenian tradisional gendang beleq, peresean, dan musik genggong. Termasuk tarian tradisional seperti santang, kayak, setta dan tamplek.

Untuk memperkaya khasanah pengetahuan tentang kesenian itu sendiri, di setiap penampilan tarian khususnya, diselipkan cerita di balik kesenian tari khas Sasak tersebut. “Respons masyarakat

nyata cukup baik. Terbukti, setiap event digelar selalu ramai disaksikan oleh pengunjung,” terangnya.

Yang datang pun tidak hanya wisatawan lokal saja. Tetapi juga wisatawan domestik hingga mancanegara. “Selama dua hari pelaksanaan event ini, rata-rata pengunjung yang datang di Kuta Beach park mencapai sekitar 2.000 orang,” terangnya.

Ke depan pihak ITDC berkomitmen untuk memperbanyak event-event serupa. Dengan begitu kawasan The Mandalika bisa semakin dikenal dan tentunya akan mengundang minat wisatawan untuk datang. Kalau kawasan The Mandalika sudah ramai dikunjungi, hal itu tentunya akan membuka peluang ekonomi masyarakat sekitar. Dan, pada akhirnya akan mampu mengangkat taraf ekonomi masyarakat di lingkar kawasan The Mandalika pada khususnya dan Loteng pada umumnya.

“Muara dari semua event yang kita laksanakan itu demi mendorong pergerakan ekonomi kawasan dan masyarakat di sekitar kawasan. Kalau ekonomi sudah bergerak, masyarakat pula yang akan merasakan manfaatnya,” tegas Brata.

Salah seorang pengujung, Ririn, mengaku kagum dengan keindahan alam yang dimiliki kawasan The Mandalika. Ditambah adanya performa kesenian tradisional yang bisa dijadikan sebagai bahan promosi mengenai uniknya kesenian dan budaya di Pulau Lombok khususnya. Ia pun berharap event serupa bisa dipertahankan bahkan diperbanyak lagi intensitasnya. Sehingga wisatawan akan semakin tertarik untuk datang ke kawasan The Mandalika. (kir)

Disqus Comments Loading...

This website uses cookies.